Cerita Gus Baha’: Islam di Zaman Nabi Gampang, Sekarang Kok Malah Repot

 
Cerita Gus Baha’: Islam di Zaman Nabi Gampang, Sekarang Kok Malah Repot

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam sebuah video ceramah yang disampaikan oleh K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha’ (sapaan takdzim beliau), yang diposting di akun facebook Sofian J. Anom menjelaskan bahwa Islam di zaman Nabi itu gampang, malah di zaman tabi’in Islam jadi repot.

Cerita tersebut bermula ketika ada salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang hidup di masa tabi’in. Cerita tersebut diambil dalam haditz Bukhari.

“Dalam hadits Bukhiri dikisahkan saat itu muazin sudah iqomat, Allahu Akbar 2x Asyhadu an Lailaha Illallah, unta sahabat Nabi itu kabur. Dia tidak jadi takbiratul ihram, kejar untanya sampai dapat,” cerita Gus Baha’ dalam video tersebut menggunakan bahasa Jawa yang khas.

Gus Baha’ melanjutkan, ketika sahabat itu kembali lagi, kondisinya menajdi makmum masbuq (makmum yang menyusul rakaatnya imam).

“Untanya dia sudah diikat dengan aman di pinggir masjid. Dikomentari oleh tabi’in (setelah selesai shalat), “Lihatlah orang tua ini, cinta dunia, padahal dia sahabat Nabi tapi lebih mendahulukan mencari unta daripada shalat takbiratul ihram sama imam,” lanjut Gus Baha’.

Sahabat Nabi itu pun menangis. Sambil berujar, ‘padahal aku di jaman Nabi seperti ini tidak apa-apa. Sekarang di jaman tabi’in kok malah jadi masalah’.

“Di jaman Nabi kejadian seperti itu tidak apa-apa. Sahabat itu menangis karena di jaman Nabi itu Islam itu gampang. Ada yang cari unta dulu, dan macam-macam, kok sekarang Islam jadi repot,” cerita Gus Baha’.