Fakta R.A. Kartini Terinspirasi Karya Mbah Sholeh Darat

 
Fakta R.A. Kartini Terinspirasi Karya Mbah Sholeh Darat
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Terdapat petikan menarik dari Muqaddimah dalam kitab tafsir berbahasa daerah yang berjudul Faidhur Rohman karya KH. Sholeh Darat  atau yang akrab dikenal dengan Mbah Sholeh Darat. Kitab tafsir tersebut ditulis pada tahun 1311 H. Kitab ini juga pernah dipakai untuk mengaji oleh Raden Ajeng Kartini, dan penjelasan yang ada di dalamnya telah menjadi inspirasi sang pahlawan emansipasi itu dalam mendirikan sekolah untuk kaum putri.

Dalam sebuah kesempatan pengajian di acara Haul ke-112 KH. Sholeh Darat, Habib Luthfi bin Yahya pernah menegaskan bahwa R.A. Kartini adalah seorang santri yang juga syarifah. R.A. Kartini adalah satu-satunya pahlawan nasional yang diperingati hari lahirnya, sebagaimana halnya dengan Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Sedangkan ulama dan pahlawan lain diperingati hari kematiannya (haulnya). Karena itu, hal ini menunjukkan betapa istimewa sosok R.A. Kartini tersebut.

Adalah fakta sejarah, bahwa R.A. Kartini adalah sosok yang mengusulkan ditulisnya tafsir Al-Qur'an berbahasa daerah pertama di Nusantara oleh sang guru dari gurunya ulama Nusantara, KH. Sholeh Darat.

Kitab Tafsir Al-Qur'an berbahasa daerah yang berjudul Faidhur Rohman menjadi kado perkawinan R.A. Kartini dengan Bupati Rembang R.M. Joyodiningrat. Penjelasan-penjelasan di dalamnya banyak menginspirasi R.A. Kartini yang kemudian sempat menulis sebuah surat kepada sahabatnya dengan judul “Door Duisternis tot Licht” atau “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang belakangan dijadikan judul buku yang berisikan kumpulan suratnya.

Sejak di bagian Muqaddimah dalam kitab tafsir karya KH. Sholeh Darat, R.A. Kartini telah merasa takjub dan terinspirasi. Kehati-hatian dan kesungguhan tampak dalam penjelasan tersebut. 

Berikut adalah petikan Muqaddimah berbahasa jawa yang ditulis dengan aksara pegon dalam kitab tafsir yang berjudul Faidhur Rahman karya dari Mbah Sholeh Darat: 

"Mangka dadi neja ingsun agawe terjemahane maknane Al-Qur'an. Ngalap sangking makna kang wus den ibarotaken dening para ulama-ulama mufassirin, kaya Tafsire Imam Jalalain lan Tafsirul Kabir Imam Ar-Rozi, lan Tafsir Libabut Ta'wil lil Imam Al-Khozin, lan Tafisre Imam Ghozali.

"Lan ora pisan-pisan nggawe tarjamah ingsun, kelawan ijtihade ingsun dewe. Balik nuqil saking Tafsire para ulamaul kirom (ingkang pada mulya kabeh).

"Mula lamun ningali sira Ya Ikhwani, ana kang salah utawa ora muwafaqot marang kalame ulama salaf, mangka iku saking salahe paham ingsun. Maka lamun bener lan muwafaqot saking kalame ulama salaf, maka iku hiya saking kalame ulama kabeh. Ora saking ingsun.

"Maka sapa-sapa wonge ningali ing iki tarjamah mangka nuli weruh ana kang gholath (keliru), maka becik benerna. Kelawan sun suwun tak aturi kersaha maringi kabar. (Utawi ditulis ana ing pinggire kene). Kerana al insanu mahalul khotho' wan nisyan.

"Lan ingsun nyuwun ngapura (lan mestine fal akhyaru taqbalul a'dzar. Ora bahe kok sedulur-dulur kang ningali iku banjur Yudlhirul 'Aib Kafi'lil Fujjar. Lan hiya ingsun suwun kerana Allah. Bihusnin Niyyat, olehe mbenerake mahu. Ora kok olehe mbenerake bithoriqil hasadi wal fadhi'ah).

"Lan ana iki tarjamah kelawan sun ringkes sak untara. Wondene reretain kang cukul sangka surasane ayat, mangka hiya sun tulis kelawan sekira-kira kang luwih Aham (penting) tur kelawan ngalap cukup. Maksud wong kang pada ningali iki tarjamah supaya bisaha guyup. (Guyup iku kersa ngandak-ngandakake marang para sedulur kang durung pada weruh ing iki tarjamah).

"Muga-muga Allah Ta'ala aparing manpangat sebab iki tarjamah Tafsiril Quranil Karim, marang awak ingsun dewe lan marang para ikhwaninal muslimina. Lan muga dadi sebabe sa'adatai fid daaroiny. Aamiin bijahi sayyidil Mursalin."

***

Jika setiap orang bisa dianggap santri ketika belajar kepada sosok ulama yang tinggi ilmunya dan mulia akhlaknya sebagaimana KH. Sholeh Darat, maka tentu R.A. Kartini juga merupakan seorang santri. Bahkan bisa saja beliau menjadi salah satu santri kesayangan, sebab usulannya agar dibuatkan terjemahannya Al-Qur'an ternyata dituruti oleh Mbah Sholeh Darat. 

Sosok R.A. Kartini menunjukkan kepeduliaan pada masyarakat melalui sekolah yang didirikannya untuk menghilangkan buta huruf, yang sedikit banyak terinspirasi dari Mbah Sholeh Darat yang menerima usulannya dalam menulis terjemah Al-Qur'an dengan maksud agar masyarakat Muslim ketika itu dapat memahami kandungan Al-Qur'an dengan baik. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 22 Agustus 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: M. Ichwan (Sekretaris Komunitas Pecinta KH Sholeh Darat [KOPISODA])

Editor: Hakim