Pesantren Darul Fallah Kab. Bogor

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Darul Fallah Kab. Bogor

Profil

Yayasan Pesantren Pertanian Darul Fallah didirikan berdasarkan Akta Notaris J.L.L Wenas di Bogor pada tanggal 09 April 1960, dengan nomor 12. Yayasan Pesantren Pertanian Darul Fallah terdaftar dalam buku regristrasi di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Bogor pada tanggal 16 Maret 1969 di bawah no. 25/1969 AN.
 
Perkampungan Pesantren dibangun mulai bulan Juni 1960 di atas lahan tanah wakaf dari R.H.O. Djunaedi seluas 26,6 Ha. Pengesahan terhadap pengwakafan areal lahan itu disyahkan oleh Kepala Pengawas Agraria Keresidenan Bogor pada tanggal 20 Juni 1961, dengan piagam No. 114/1961. Areal itu terletak di dua blok yaitu blok Lemahduhur dan Blok Gunung Leutik, (sekarang disebut Bukit Darul Fallah) Desa Benteng.

Darul Fallah secara harfiah dapat diartikan sebagai “rumah petani” atau ”kampung pertanian”. Pesantren Pertanian Darul Fallah merupakan lembaga Islam yang diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat agar dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertanian dan kewirausahaan.

       Pengasuh

  1. Prof. Dr. Ir. H. Abdul Aziz Darwis, M.Sc
  2. KH. Abdul Hanan Abbas, Lc

Pendidikan

                 Pendidikan Formal

  1. SDIT
  2. TK/RA
  3.  Madrasah Aliyah
  4. Madrasah Tsanawiyah

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

1. ORGANISASI SANTRI

Himpunan Santri Darul Fallah ( HISDAF ) adalah wadah organisasi santri dalam rangka memupuk jiwa leader, tanggung Jawab, menejerial dalam kerangka memunculkan Aktif, Kreatif, mandiri dalam aspek kegiatan secara Positif. Didalam wadah Organisasi HISDAF (Himpunan Santri Darul Fallah), Santri diarahkan untuk aktif dalam mengikuti kegiatan bersinergi dengan kegiatan Pesantren, Kreatif secara Positif memunculkan kegiatan – kegiatan bermanfaat, mendukung proses KBM (egiatan Belajar Mengajar)

Vareatif pada acara – acara yang tepat dan berkualitas serta mengarah pada pembentukan serta tampungan energi keaktifan santri secara terpadu, Diantara kegiatan tersebut adalah santri Pengurus dan Anggota dididik untuk melaksanakan kegiatan musyawarah Anggota dalam menentukan Kebijakan Organisasi serta memilih kepengurusan baru pada setiapa periode secara Profesional dan tata urutan yang berlaku dengan tidak ada campur tangan dari fihak lain kecuali yang disahkan dalan AD/ART Himpunan Santri Darul Fallah ( HISDAF ) semua kegiatan tersebut dibawah bimbingan Penyantun atau Kepala Bagian Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Pesantren Pertanian Darul Fallah.

Sistem dan susunan Kepengurusan HISDAF adalah sebagai berikut: Pelindung, Penasehat, Pengarah kegiatan, Penyantun, Pengurus HISDAF ( Pengurus Harian terdiri dari 4 Personel : Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara ) Ketua BKK ( Bagian Khusus Keputrian ) pada masing – masing tingkatan ( Madrasah Aliyah/Madrasah Tsanawiyah ) yang dipilih lansung oleh anggota dalam musyawarah dan melalui proses seleksi dan ajuan dari masing-masing kelas serta hanya yang masuk dalam kreteria saja yang dapat maju mencalonkan diri sebagai ketua HISDAF. Dan penentuan biro – biro pengurus harian berhak mengajukan nama ke pengurus Pesantren untuk diseleksi dan di sahkan, serta seluruh pengurus akan berkerja secara totalitas setelah dilantik oleh Pengurus Pesantren.

2. Pumping Student

Dalam rangka menambah wawasan dalam menggali kepribadian serta untuk memahami arah sebenarnya kemampuan santri yang tersimpan atau yang belum tersentuh, harus dikembangkan serta ditingkatkan kembali ghirah thalabul ’ilmi di Pesantren Pertanian Darul Fallah maka dilaksanakan Program Pumping Student yang terdiri dari tiga bagian dalam periode belajar, tahap I Saat santri Baru, Tahap II pada tahun ke dua tahap III disinergikan dengan program Ujian Nasional ( Kerangka Persiapan UN dan Penglepasan ) . Bekerjasama dengan Trainer yang unggul seperti Bapak Ir. Tengku Ramli dari Yayasan Pumping Indonesia serta Lainnnya dalam kerangka membentuk karakter santri yang sempurna.

3. Karya Ilmiah Remaja (KIR)

Untuk mengembangkan bakat santri dibidang karya Ilmiyah maka pesantren dalam kerangka pembinaan kegiatan Ekstra menyusun kegiatan dalam bentuk pembinaan karya Ilmiyah santri yang mempunyai kemampuan demikian akan dikelompokkan dalam pembinaan terutama riset.

4. Pendalaman Bahasa Arab & Inggris

Pendalaman bahasa dalam pembinaan di Pesantren Pertanian Darul Fallah dikoordinir oleh Pembimbing Bahasa dalam rangka pengembangan pada rangkaian kebahasaan di kelas yang disampaikan dalam bentuk Penekanan Kosa kata pada Masing – masing penanggung Jawab Bahasa ( Arab /Inggris ) di Ruang Pertemuan Asrama, Kosa kata tertempel pada tempat strategis, Penentuan Hari Bahasa, Pengumuman/pidato bahasa, Motifasi Mengikuti AFS/Yes Program, Pembinaan Melalui Reterni / Alumni AFS/Yes Program Amerika Serikat / Negara Lain pada masing –masing tingkatan.

5. Muhadhoroh/Pidato/Puisi

Kecakapan Pidato,orasi,Puisi terbimbing dalam kegiatan pembinaan kegiatan Muhadharah,ceramah, orasi waktu bimbingan Setiap kamis Malam, dan materi selalu ditugaskan setelah hari itu untuk selanjutnya dan terimplementasi pada 3 x dalam periode Satu tahun dalam kreasi Seni Santri atau pada pemilihan perwakilan untuk event.

6. Olah Raga

Pembinaan Olah Raga meliputi : Sepak Bola ( Santri Yang berminat Pada Kegiatan ini tergabung dalam Pasus Bola Kaki PP. Darul Fallah ), Bola Volli, Basket, Bulu Tangkis, Tenis Meja , Sepak Takraw, Senam, Atletik.

7. Seni

Seni Baca Al-qur’an, Lukis, Kaligrafi, Seni Bela Diri, Seni Drama ( Teather ), Nasyid, Mading.

8. Tapak Suci/Pencak Silat

Untuk megarahkan pada Raga yang kuat terintegrasi dengan jiwa yang kuat, serta dalam hal Seni Kanuragan, bela diri santri dapat memilih dan mengikuti program pencak silat Tapak Suci.

9. Outbound / Tadabur Alam

Untuk megarahkan pada Raga yang kuat terintegrasi dengan ukrawi dalam tafakur’alam serta untuk menambah wawasan, pemahaman penelaahan alam dengan memikirkan Ciptaan Allah santri mengikuti Tadabur Alam terbimbing serta Outbond dengan konsentrasi Di lingkungan PP. Darul Fallah pada jalur Zona Outbond PP. Darul Fallah.

10. Kepramukaan

Pelaksanaan kegiatan pramuka wajib diikuti seluruh santri, dan dilakukan melalui kurikulum pembinaan yang di koordinir oleh Pembimbing Pramuka dari Ustazd dan dalam organisasi diimplementasikan aktifitasnya oleh Pengurus Himpunan Santri Darul Fallah (HISDAF).

11. Kegiatan Sosial dan Kemasyarakatan

Memberikan Bimbingan Pengajian Bagi Anak-anak dan Remaja Lingkar Pesantren, Bakti sosial peduli lingkungan, Bimbingan pertanian dan keterampilan.
 


 

Fasilitas

  1. Sarana Belajar (Kelas, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, Lab. IPA & Perpustakaan)
  2. Masjid sebagai pusat aktivitas (Terpisah Putra/Putri)
  3. Asrama & Ruang Makan (Terpisah Putra/Putri)
  4. Lapangan Olahraga (Sepak Bola, Bulutangkis, Takraw, Volley)
  5. Gedung Aula Serba Guna Kapasitas 1000 Orang
  6. Camping Ground/Outbound
  7. Perbengkelan & Keterampilan
  8. Pusat pelatihan fasilitas 15 kamar penginapan dengan kapasitas daya tampung saat ini 60 orang.
     

 


 

Alamat

JL. RAYA BOGOR-CIAMPEA KM 12 BOGOR , JAWA BARAT, INDONESIA
( 2 KM Dari Kampus IPB Darmaga Bogor )

Telpon: 0251 – 8622303 / 8621779
            0251 – 8622303

Email:   info@darulfallah.org

Kode Pos : 16620

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi: https://www.darulfallah.org

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.