Pesantren Ath-Thohiriyyah, Karangsalam Kab. Banyumas

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Ath-Thohiriyyah, Karangsalam Kab. Banyumas
Sumber Gambar: Istimewa

Profil

Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah yang berada di dusun Parakanonje, desa Karangsalam Kidul, kecamatan Kedungbanteng, kabupaten Banyumas ini telah mengalami sejarah panjang. Pada awalnya, cikal bakal pesantren ini merupakan sebuah kelompok pengajian yang didirikan oleh Simbah K.H. Muhammad Sami’un pada tahun 1960-an. Setelah beliau wafat pada tahun 1392 H./1972 M., kelompok pengajian ini dilanjutkan oleh putra menantu beliau, Simbah KH. Muhyiddin Abdul Mu’id, yang memimpin kegiatan di Masjid Jami’ An-Ni’mah Parakanonje.

Setelah beberapa tahun sejak kepulangan menantu beliau, Abuya KH. Mohammad Thoha ‘Alawy, A.H. dari Makkah, dengan bantuan dan dukungan para Remaja Islam Parakanonje untuk melestarikan pengajian tersebut yang sempat surut, maka terbentuklah Kelompok Studi dalam naungan Madrasah Diniyyah Al-Mustaqbal yang berkiprah dalam pengajaran Al-Qur’an, Fasholatan, dan Ilmu Bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia). Madrasah ini menjadi sambung tangan kiprah perjuangan Mbah Sami’un dalam mensyiarkan agama Islam di dusun Parakanonje dan merupakan washilah terhadap berdirinya Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah.

Kegiatan ini terus berkembang dan menarik minat masyarakat, hingga mulai terdapat beberapa santri yang mukim/menetap di ndalem Abuya menjadi santri-santri awal di Pondok. Berkat dukungan masyarakat dan pihak-pihak lain untuk melestarikan kegiatan dalam mensyiarkan agama Islam tersebut, maka diresmikanlah Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah di bawah asuhan Abuya KH. Mohammad Thoha ‘Alawy, A.H. pada tanggal 22 Desember 1992 dengan melaksanakan peletakan batu pertama oleh Simbah Nyai Hj. Shofiyah Umar dari Solo (kakak perempuan dari Mbah Muhyiddin).

Sampai saat ini, Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah terus berkembang dalam mensyiarkan ajaran Islam sesuai paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan program Tahfidzul Qur’an dan kajian terhadap Kitab-kitab Turats, di bawah asuhan Abuya dan keluarga, dengan dibantu oleh sebagian Dzurriyyah Mbah Sami’un dan Dewan Asatidz lain.

Sejarah
Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah yang berada di Kampung Parakanonje, Desa Karangsalam, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, merupakan sosok pesantren yang telah mengalami sejarah panjang. Jika ditelusuri lebih jauh, asal mula berdirinya Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah merupakan perkembangan dari sebuah kelompok pengajian yang dirintis oleh KH. Muhammad Sami’un pada tahun 1960-an.

Semasa hidupnya, syiar agama di kampung tersebut cukup semarak. Ia termasuk sosok yang disegani. Karena cukup mumpuni dalam ilmu agama serta kedudukannya sebagai mursyid tarekat Syadziliyah. Sehingga tidak hanya masyarakat sekitar yang berguru kepada beliau, akan tetapi banyak pendatang dari kota lain. Seperti, Jatilawang, dan Wangon. Selain itu, ia dapat berkomunikasi dengan Belanda semasa penjajahan dulu. Hal ini bisa dimaklumi, karena masa mudanya ia pernah ikut bekerja pada pemerintah Hindia Belanda.

Kiai yang pernah nyantri di Pesantren Tremas Pacitan selama 12 tahun ini adalah sosok yang dikenal masyarakat luas memiliki kearifan, kharisma, dan pola hidup sederhana. Meski demikian ia tegas dalam prinsip. Beliau wafat tahun 1972 /23 Ramadhan 1392. Sepeninggal KH. Muhammad Sami’un, syiar keagamaan tersebut terasa surut. Karena saat itu tidak ada penerus yang bisa menggantikannya.

Dalam rangka untuk menyelamatkan kiprah perjuangan beliau maka pada tahun 1989, bangkitlah kelompok studi yang dikelola oleh remaja Islam Parakanonje. Kelompok studi tersebut mempelajari Al-Quran, Fasholatan, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Seiring dengan berkembangnya zaman, kelompok studi ini mendapat angin segar dari masyarakat sehingga dalam waktu yang singkat muridnya mencapai 350 anak. Karena tidak mempunyai tempat yang menetap, akhirnya atas saran KH. Muhammad Thoha Al-Hafidz kegiatan belajar mengajar di pusatkan di Masjid An-Ni’mah Parakanonje.

Pada perkembangan berikutnya, kegiatan belajar mengajar terus berkembang dengan menambah pelajaran keagamaan. Beberapa tahun setelah kepulangan KH. Muhammad Thoha Al-Hafidz dari Makkah, mulailah berdatangan santri yang belajar kepada beliau. Melihat kondisi kelompok studi yang semakin berkembang dan bertambahnya santri mukim yang belajar, serta dukungan masyarakat dan pihak-pihak lain dengan didasari niat suci untuk melestarikan perjuangan KH. Muhammad Sami’un dalam mensyiarkan agama Islam, maka diresmikanlah Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah. Peletakan batu pertama dilakukan Oleh Hj. Shofiyah Umar (Solo) pada tanggal 12 Desember 1992 atau 25 Jumadil Akhir. Dan sampai sekarang dipimpin oleh KH. Muhammad Thoha Al Hafidz beserta para kiai, dan ustadz lainnya.

Pendiri
KH. Muhammad Sami’un

Pengasuh

  1. KH. Muhammad Sami’un
  2. KH. Muhammad Thoha Alawy Al-Hafidz
  3. KH. Muhyiddin Abdul Mu’id
  4. Nyai Tasdiqoh Al-Hafidzah

Pendidikan

Ciri Khas Pendidikan

  1.     Memadukan khazanah Ilmu keislaman As-Salafu Al-Shalih ala Ahli Sunnah wal Jamaah dan ilmu yang berkembang      (Kontekstual/khalaf) dalam kehidupan pesantren dan masyarakat.
  2.     Tahfidz Al-Qur’an, Madrasah Diniyyah dan BTA (Baca Tulis Al-Qur’an).
  3.     Kurikulum yang diajarkan bersifat aplikatif, dituntut pengamalannya untuk sehari-hari.

Pendidikan Non Formal:
1. Madrasah Diniyah
2. TPQ

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz Qur'an
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Beladiri
 


Hadrah di pesantren Ath-Thohiriyyah


Khotmil Qur'an di pesantren Ath-Thohiriyyah

Fasilitas

1. Asrama Santri
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Dapur
8. Tempat Parkir
9. Gedung Madrasah

 


Masjid di pesantren Ath-Thohiriyyah


Gedung pesantren di pesantren Ath-Thohiriyyah

Alamat

Jl. Ks. Tubun Gg. Masjid No. 31 Rt 3 Rw 5, Parakan Onje, Karangsalam Kidul, Kedung Banteng, Purwokerto/Banyumas, Jawa Tengah
Kode Pos : 53152.
Telepon :  0281 -  626042, 0851-6351-9429
Pondok Putri 0858-7508-5435
Pondok Putra 0858-5114-0400

 

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.