Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta

Profil
Pondok Pesantren Ulul Albab terletak di tengah-tengah kota Yogyakarta. Secara resmi pondok pesantren yang dinamakan Ulul Albab ini berdiri pada tanggal 3 Maret 2013. Berdirinya Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo didasari semangat untuk ikut berperan dalam menjaga moral bangsa dan sebagai upaya meneruskan perjuangan para ulama terdahulu dan agar generasi-generasi kedepannya mempunyai moral yang baik serta dapat menularkannya lagi kegenerasi berikutnya.

“Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo mempunyai Visi dan Misi yang jelas untuk untuk pengembangan generasi indonesia. “Visi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo adalah Menjadi lembaga tafaqquh fiddin yang mampu mencetak generasi yang berwawasan luas dan berakhlaqul karimah, dan Misi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo yaitu, Pertama, Menyelenggarakan pendidikan Tahfidzul Qur’an dan Madrasah Diniyyah, Kedua, Membekali santri dengan wawasan keilmuwan dan kemasyarakatan berbasis Teknologi Informasi, dan Ketiga, Menyelenggarakan pembinaan ruhani dan pembangunan karakter”, ungkap Pimpinan Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta, Bapak Ustad H. Ahmad Yubaidi, S.H., S.Pd., CN., M.H.,.

Riwayat Pengasuh:
1. KH. Ahmad Yubaidi

Sofiyan Hadi, Lc., MA. dan Khadijah Al Hafidhah

Read more
tanggal : 31 Oktober 2018
Judul : Al Mawaddah Kudus Raih Anugerah Pesantren Entrepreneur Inspiratif 2018
Link : https://isknews.com/al-mawaddah-kudus-raih-anugerah-pesantren-entrepreneur-inspiratif-2018/
2.

Pendidikan
Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo dalam gerak langkahnya untuk para santri, menyediakan Program Unggulan seperti, Pertama, Program Unggulan Tahfidzul Qur’an, Program pendidikan Tahfidzul Qur’an yang disediakan diperuntukan bagi santri yang berkeinginan untuk menghafalkan Al-Qur’an. Kedua, Program Unggulan Madrasah Diniyyah, Program ini diperuntukan bagi santri non tahfidz dengan menitikberatkan pada penguasaan ilmu ilmu ke-Islaman dan ilmu alat (nahwu shorof) sebagai bekal dalam membaca dan menganalisis kitab kuning.

Kedua, Program Pengkajian Kitab Salaf/Kuning; Kajian kitab yang diperuntukan seluruh santri baik Tahfidz dan non tahfidz yang meliputi, Pengkajian Kitab Attibyan Fi Adabi Hamlatil Qur’an, Pengkajian Nashoihul Ibad, Pengkajian Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’ah, dan lain sebagainya. Ketiga, Program Tilawatul Qur’an, untuk mengetahui sejauh mana para santri mampu bersaing secara sehat untuk menakar sebesar mana tingkat memahamannya dalam membaca Al-Qur’an.
 

Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama Santri
3. Perpustakaan
4. Ruang tamu
5. Aula
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Gudang
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan

Ekstrakurikuler
1. Mujahadah
2. Pengkajian Kitab Salaf/Kuning
3. Tilawatul Qur’an
4. Maulid Simtudduror
5. Khitobiyah (Pidato)
6. Pelatihan ilmu kemasyarakatan (tahlil, Mujahadah, Khutbah, MC dll)
7. Pelatihan IT
8.  Hadroh

Alamat
Jl. Balirejo UH II/531 A, Mujamuju, Yogyakarta
Telepon: 0274-543103
Kode Pos:  55165

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.