Dokter Fisik Paparkan Manfaat Shalat Taraweh bagi Kesehatan

 
Dokter Fisik Paparkan Manfaat Shalat Taraweh bagi Kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah. Semua bentuk ibadah memiliki ganjaran atau pahala yang dilipatgandakan. Bukan hanya ibadah puasa itu sendiri, tetapi ibadah-ibadah lain seperti taraweh yang siapapun ingin dimaksimalkan selama satu bulan penuh.

“Sholat tarawh 21 rakaat bisa membakar 100 kalori,” begitu kata dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Ira Mistivani, SpKFR-K, di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan hal tersebut, mengerjakan shalat taraweh bukan hanya akan mendapat pahala dari Allah SWT, tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat sepertinya halnya kita berolahraga.

Selain seperti olahraga, shalat taraweh juga akan membuat kelenturan bagi tubuh kita. Karena, menurut dr. Ira, kontraksi otot dan persendian juga akan bertambah baik sehingga dengan demikian juga memperbaiki fungsi jantung dan paru-paru.

Lebih dari pada itu, shalat taraweh ternyata juga akan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Setelah selama satu hari berpuasa, dengan shalat taraweh maka akan terjadi peningkatan kadar gula darah dan insulin.

"Saya sarankan tolong bawa minuman kan haus sholatnya lama. Boleh makanan kecil sedikit, tapi minuman jangan lupa. Dan sakat tarawih mencegah keropos tulang karena ada gerakan-gerakan yang baik," pungkas dr. Ira.