Hukum Puasa Sehari dalam Sepekan

 
Hukum Puasa Sehari dalam Sepekan

PERTANYAAN :

 

Assalamualaikm wr.wb, ada pertanyaan titipan benarkah jika puasa dalam seminggu makruh jika puasanya hanya senin saja atau kamis saja dengan alasan menyerupai puasanya umat lain yang dilakukan sehari dalam seminggu, monggo. 

 

JAWABAN :

Waalaikumsalam wr wb. Yang terdapat dalil kemakruhan menyendirikan hari-hari dalam seminggu untuk dipuasai adalah hari JUMAT, SABTU dan AHAD, sedang hari SENIN dan KAMIS tidak terdapat.

ويكره إفراد يوم الجمعة بالصوم و يكره أو الأحد بالصوم وأما جمع واحد منها مع غيره فلا يكره وصوم الدهر غير يومي العيد وأيام التشريق مكروه لمن خاف به ضررا أو فوت حق واجب أو مستحب ومستحب لغيره

"Dimakruhkan menyendirikan puasa di hari jumat, sabtu atau ahad, sedang bila dikumpulakan dengan hari lain maka tidak makruh, makruh juga puasa DAHR (sepanjang tahun) kecuali di dua hari raya dan hari-hari tasyriq 911, 12 dan 13 dzul hijjah) bagi yang dikwatirkan terjadi bahaya dalam dirinya atau terbengkalainya tanggung jawab yang wajib ataupun yang sunat, namun bila tidak dikhawatirkan hukumnya sunat”. [ Sirooj al-Wahaab I/146 ].

- 1 - يكره إفراد يوم الجمعة عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : سمعت النبي صلى الله عليه و سلم يقول : " لا يصومن أحدكم يوم الجمعة إلا يوما قبله أو بعده " ( 1 )

2 - وكذا إفراد يوم السبت أو الأحد لحديث عبد الله بن بسر عن أخته رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : " لا تصوموا يوم السبت إلا فيما افترض الله عليكم " ( 2 ) . ولأن اليهود تعظم يوم السبت والنصارى تعظم يوم الأحد

فإن لم يفرد ذلك ووصله بما قبله أو بعده فلا كراهة وكذا إن وجد سبب من عادة أو نذر

( 1 ) البخاري ج 2 / كتاب الصوم باب 62 / 1884

( 2 ) الترمذي ج 3 / كتاب الصوم باب 43 / 744

Makruh menyendirikan puasa di hari jumat berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah ra : Aku mendengar Nabi Muhammad shallaallaahu alaihi wa sallam bersabda “Janganlah seorang diantara kalian menghususkan puasa dihari jumat kecuali digabung dengan hari sebelum atau sesudahnya”. (HR bukhori Juz II Kitab Shoum 62/1884). [Masaji Antoro].

”Makruh juga menyendirikan puasa di hari sabtu atau ahad berdasarkan hadits riwayat Abdillah Bin basar dari saudara perempuannya ra. Bahwa Rasulullaah shallaahu alaihio wa sallam bersabda “Janganlah kalian puasa dihari sabtu kecuali yang diwajibkan Allah atasmu”. (HR Turmudzi Juz III Kitab shoum 43/744).

Dan karena orang-orang yahudi menghormati hari sabtu dan orang nasrani menghormati hari ahad. Namun dalam kesemuanya bila hari-hari tersebut tidak dipuasai secara sendiri dengan disambung bersama hari sebelum/setelahnya maka tidak lagi makruh begitu juga saat terdapat sebab/alasan menjalani puasa (Jumat, sabtu dan ahad) baik yang berupa sebab kebiasaan atau sebab karena nadzar”. [ Fiqh al’Ibaadah- assyaafi’i I/156 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab.....

 

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah