Malaikat Munkar-Nakir Tak Pernah Sempat Bertanya pada Gus Dur

 
Malaikat Munkar-Nakir Tak Pernah Sempat Bertanya pada Gus Dur

LADUNI.ID, Bekasi - KH Said Aqil Siroj, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkisah tentang malaikat munkar-nakir yang tidak pernah berkesempatan bertanya kepada Gus Dur di alam kubur.

"Karena malaikat itu akan datang ketika pengantar jenazah paling terakhir meninggalkan makam tujuh langkah," katanya dalam Silaturahim & Inaugurasi Alumni Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) PWNU Jawa Barat, di Islamic Centre KH Noer Ali Bekasi, Kamis (11/4).

Tapi rupanya, Pengasuh Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Jakarta ini melanjutkan, makam Gus Dur tidak pernah sepi dari awal hingga kini.

"Ketika malaikat mau nanya, eh ternyata masih ada orang, gak jadi. Begitu terus sampai sekarang makam Gus Dur tidak pernah sepi dari peziarah," jelasnya disambut tawa ribuan Alumni MKNU dari Purwakarta, Subang, Depok, dan Bekasi.

Selain itu, Kiai Said juga bercerita soal Abu Nawas yang berhasil mengelabui malaikat di alam kubur. Dikatakan, Abu Nawas sebelum wafat berpesan terlebih dulu kepada anaknya.

"Nanti kalau ayah mati, tubuh ayah ingin dibalut kain kafan yang paling lusuh. Bahkan kalau bisa yang sudah dekil, kumal, atau yang sudah robek-robek," kata Kiai Said mengilustrasikan pesan Abu Nawas.

Sang anak penasaran lantaran pesan yang tak masuk akal itu. Namun, Abu Nawas sama sekali tidak membeberikan alasan mengenai pesan atau keinginan yang tidak biasa.

"Singkat cerita, Abu Nawas wafat. tubuhnya dipakaikan kain kafan sesuai permintaannya itu," jelas Kiai Said.

Saat pengantar jenazah Abu Nawas yang paling terakhir sudah tujuh langkah meninggalkan makam, malaikat munkar-nakir datang bermaksud ingin bertanya kepada Abu Nawas.

Namun, apa yang terjadi?  "Oh, salah masuk nih, ini orang lama ternyata," kata Kiai Said, meniru ucapan munkar-nakir yang membuat hadirin tertawa.