Datangnya Malaikat Munkar dan Nakir ke Alam Kubur Sebagai Penguji Keimanan Ahli Kubur

 
Datangnya Malaikat Munkar dan Nakir ke Alam Kubur Sebagai Penguji Keimanan Ahli Kubur

Lanjutan Bab Pertama (5)

وخرج الإمام أحمد أيضا من حديث أبي سعيد الخدري قال: شهدنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم جنازة فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "يا أيها الناس إن هذه الأمة تبتلى في قبورها فإذا دفن الإنسان وتفرق عنه أصحابه جاءه ملك في يده مطراق فأقعده قال ما تقول في هذا الرجل فإن كان مؤمنا قال أشهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا عبده ورسوله فيقول له صدقت ثم يفتح له بابا إلى النار فيقول هذا كان منزلك لو كفرت بربك فأما إذا آمنت بربك فهذا منزلك فيفتح له باب إلى الجنة فيريد أن ينهض إليه فيقول له أسكن ويفسح له قبره

Imam Ahmad juga menerbitkan dari haditsnya Abi Sa'id Al Khudri berkata : "Kami bersama Rasululloh shollallohu alaihi wasallam menyaksikan jenazah kemudian Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : "wahai manusia, sesungguhnya ummat ini akan mendapatkan cobaan di dalam kuburnya, ketika seseorang telah dikuburkan dan teman-temannya telah berpisah darinya maka malaikat datang dengan membawa pemukul di tangannya, orang itu didudukkan kemudian malaikat bertanya : "bagaimana pendapatmu mengenai lelaki ini ?" Jika ia orang beriman maka akan menjawab : "saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya." malaikat berkata : "engkau benar ". Kemudian dibukakan untuknya pintu menuju neraka dan malaikat berkata : "inilah tempatmu jika engka kufur terhadap Tuhanmu, adapun jika engkau beriman dengan Tuhanmu maka inilah tempatmu." lalu dibukakan baginya pintu menuju syurga, orang itu ingin bangun dan menuju ke syurga, maka malaikat berkata : "tinggallah dengan tenang disini." lalu kuburannya diluaskan baginya."

وخرج أبو بكر في كتاب "السنة" من حديث عمر بن الخطاب عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: "كيف أنت يا عمر إذا كنت من الأرض في أربعة أذرع في ذراعين فرأيت منكرا ونكيرا"؟ قلت: يا رسول الله وما منكر ونكير؟ قال: "فتانا القبر يبحثان الأرض بأنيابهما ويطآن في أشعارهما أصواتها كالرعد القاصف وأبصارهما كالبرق الخاطف ومعهما مرزبة لو اجتمع عليها أهل منى لم يقدروا على رفعها وهي أيسر من عصاي هذه" قال: قلت يا رسول الله وأنا على حالي هذه قال: "نعم" فقلت: إذا أكفيكهما. وفي رواية أيضا "فامتحناك فإن التويت ضرباك ضربه صرت رمادا" وفي إسناده ضعف.

Imam Abu Bakar dalam kitab As Sunnah dari haditsnya Umar bin Khottob dari Nabi shollallohu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda : " Bagaimana engkau wahai Umar jika engkau berada di dalam tanah ukuran 4 kali 2 dziro', engkau melihat Munkar dan nakir ? aku bertanya : "wahai Rasululloh, siapakah Munkar dan Nakir?" Rasul menjawab : "mereka berdua adalah Fattanayl Qobri / dua malaikat penguji dalam kubur. yg menggali bumi dengan taringnya dan menghamburkan tanah dengan rambutnya. suaranya seperti petir yang menggelegar, pandangan matanya seperti kilat yg menyambar. keduanya membawa tongkat besi yang seandainya penduduk alam kubur bersatu, maka tidak akan mampu untuk mengangkatnya padahal baginya keadaan tongkat itu lebih ringan daripada tongkatku ini. " Umar berkata : "aku bertanya, wahai Rasululloh, dan aku dalam keadaan yang seperti ini? " Nabi menjawab : "iya." lalu aku berkata : "jika demikian ku cukupkan kepadamu mereka berdua." Dalam salah satu riwayat disebutkan juga : " kedua malaikat itu menguji kita, jika engkau gagal maka ia akan memukulmu keras-keras, hingga engkau hancur menjadi pasir. " namun sanad hadits ini lemah.

وخرجه الإسماعيلي من وجه آخر فيه ضعف أيضا عن عمر عن النبي صلى الله عليه وسلم نحوه وزاد فيه: "يأتيان الرجل في صورة قبيحه يطآن على شعورهما ويحفران الأرض بأنيابهما وزاد فيه يقولان له: من ربك فإن كان مسلما يقول: ربي الله وإن كان فاجرا فيقول: لا أدري فيضربانه ضربه لو كان جبلا صار ترابا فيصيح صيحة ما يبقى شيء إلا سمعها إلا الثقلين الجن والإنس فذلك قوله سبحانه وتعالى: {وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ} [البقرة: 159] . وقد روى حديث عمر هذا من وجوه أخر مرسلة

Al Ismaili menerbitkannya dari jalur yang lain, namun lemah juga, dari Umar dari Nabi shollallohu alaihi wasallam sama dengan sebelumnya, tapi ada tambahan : "kedua malaikat itu mendatangi seseorang dalam rupa yang jelek yang menghamburkan bumi dengan rambutnya dan menggali bumi dengan taringnya." Dan tambahan lagi didalamnya : "keduanya bertanya : siapa Tuhanmu ?" 

Jika ia muslim maka ia akan menjawab : "Tuhanku adalah Allah " 

Jika ia orang durhaka maka menjawab : "aku tidak tahu" 

Kemudian ia dipukul dengan keras oleh kedua malaikat itu, yang seandainya dipukulkan pada gunung niscaya gunung itu akan hancur akan hancur menjadi debu . kemudian ia menjerit keras hingga terdengar oleh segala sesuatu kecuali jin dan manusia. Itulah maksud dari firmn Allah : " mereka itu dilaknati pula oleh semua makhluk yang dapat melaknati " (QS Al Baqoroh ayat 159). Diriwayatkan pula hadits Umar ini dari jalur yang lain secara Mursal. Wallohu a'lam.

Bersambung .....

 

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah