Penjelasan Hukum tentang Amal Sholeh yang Meghindarkan dari Fitnah Kubur

 
Penjelasan Hukum tentang Amal Sholeh yang Meghindarkan dari Fitnah Kubur

Lanjutan Bab Keempat (1)

وخرجه الخلال في كتاب السنة وزاد فيه بعد قوله: "وقد مثلت الشمس قد دنت  للغروب فيقال هذا الرجل الذي كان فيكم ما تقول فيه فيقول دعوني حتى أصلي  فيقولون إنك ستفعل أخبرنا عما نسألك عنه وذكر الحديث.

 وخرجه ابن حيان  في صحيحه من طريق معتمر عن محمد بن عمرو به ورواه جماعة عن محمد بن عمرو عن  أبي سلمة عن أبي هريرة موقوفا وقد روي من حديث أبي حازم عن أبي هريرة نحوه  أيضا مع الاختلاف في رفعه وقطعه.

Al Kholal menerbitkannya dalam  kitab As sunnah dan menambahi di dalamnya setelah perkataan : " dan  matahari seperti telah terbenam, lalu mereka berkata kepadanya :  " bagaimana pendapatmu tentang lelaki ini, yang dulu diutus kepada kalian ?"  lalu ia berkata : " tinggalkan dulu aku hingga aku sholat." mereka berkata : " engkau akan mengerjakannya, jawab dulu apa yang kami tanyakan kepadamu." Kelanjutan hadits ini sama dengan hadits sebelumnya.

Ibnu Hibban menerbitkannya dalam kitab Shohihnya dari jalurnya Mu'tamir  dari Muhammad bin 'Amr . Jama'ah meriwayatkan dari Muhammad bin Amr  dari Abi Salamah dari Abu Hurairoh secara mauquf, dan telah diriwayatkan  dari haditsnya Abi Hazim dari Abu Hurairoh yang semisalnya juga berserta  adanya perbedaan dalam hal marfu' dan maqtu'nya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN