Santri di Bogor Gelar Salat Gaib untuk Korban Teror Masjid Selandia Baru

 
Santri di Bogor Gelar Salat Gaib untuk Korban Teror Masjid Selandia Baru

LADUNI.id, Bogor - Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Uluum, Baranangsiang, Kota Bogor menggelar solat gaib untuk para korban dalam aksi penembakan di Masjid Al-Noor, Chrischurch, Selandia Baru.

Pengurus Pesantren Daarul Uluum Hasbulloh mengatakan solat gaib ini digelar sebagai ungkapan bela sungkawa dan keprihatinan terhadap umat muslim yang menjadi korban penembakan tersebut.

"Hari ini kami lakukan seperti biasa salat lima waktu tapi kita tambah dengan sesuatu yang fardu kifayah melakukan belasungkawa sebagai orang muslim yaitu salat gaib bersama para santri ketika kami mendapat informasi saudara kita umat muslim di Selandia Baru yang ditembaki," kata Hasbulloh, kepada wartawan di lokasi, Jumat (15/3/2019).

Ia menambahkan, aksi penembakan secara brutal yang menewaskan 49 orang dan melukai puluhan lainnya itu dianggap sebagai tindakan terorisme.

"Menurut kami itu sudah masuk dalam tindakan terorisme. Untuk itu kami di kalangan pesantren khususnya Daarul Uluum mengutuk keras perlakukan orang tidak bertanggung jawab. Kami nyatakan ini tindakan terorisme kepada umat muslim," tegasnya.

Hasbulloh pun berharap agar pemerintah Selandia Baru untuk menindak tegas dan mengusut kasus tersebut. Di sisi lain, pemerintah Indonesia juga diharapkan selalu melindungi warga negaranya yang berada di luar negeri terhadap aksi terorisme.

"Kami minta aparat oenegak hukum di Selandia Baru menindak tegas, kangan sampai memicu kemarahan umat muslim di dunia. Pedan untuk pemerintah Indonesia mengimbau WNI di luar negeri untuk berhati-hati dan melindungi mereka karena Indonesia negara muslim terbesar di dunia," tutupnya. (*)

Sumber : suara.com