Pesantren Nurul Iman Muaro Jambi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Nurul Iman Muaro Jambi

Profil

Pondok Pesantren Nurul Iman merupakan pondok pesantren kombinasi dan perpaduan antara pondok pesantren salafiyah (lama, dahulu, atau tradisional) dan pondok pesantren khalafiyah (belakangan, baru, modern). Disebut salafiyah karena pondok pesantren Nurul Iman menyelenggarakan pelajaran dengan pendekatan tradisional. Pelajaran ilmu–ilmu agama Islam dilakukan secara individual (sorogan) dan secara kelompok (bandongan/ klasikal) yang mengkhususkan kitab–kitab klasik berbahasa arab (kitab kuning).

Sikap salaf pun mewarnai santri pondok pesantren Nurul Iman yang menjadi landasan pendidikan didalamnya dengan lebih mengutamakan akhlak para salafus salih, pendidikan yang lebih mengutamakan akhlak salih para ulama terdahulu di era keNabian.
 
Adapun pondok pesantren Nurul Iman disebut pondok pesantren khalafiyah (as’ariyah) karena pondok pesantren Nurul Iman menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan pendekatan modern melalui suatu pendidikan formal yakni SMP-SMA-SMK Islam Al-Arief. Pondok pesantren Nurul Iman sebagai pondok pesantren khalafiyah, pembelajaran dilakukan secara berjenjang dan berkesinambungan dengan suatu program pembelajaran dan kegiatan yang disusun pada satuan waktu yakni semester. Kurikulum pun telah disusun secara baku dan diperbaiki setiap tahunnya sesuai dengan kebijakan pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan. Dalam hal ini pondok pesantren berfungsi sebagai asrama yang memberikan lingkungan kondusif untuk pendidikan agama, pembentukan karakter, dan pembiasaan perilaku yang baik.

Pondok Pesantren ini dirintis sejak tahun 1994 oleh KH. Shochieb dan Nyai Hj. Raden Ayu Siti Bachriyah al-Hafizah. Secara geografis dan administratif pemerintahan, Pondok Pesantren Nurul Iman terletak di Jalan Tempino KM. 17 & 18 Desa Muaro Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Propinsi Jambi. Di sekitar wilayah tersebut masyarakat pada umumnya melakukan usaha perkebunan karet dan kelapa sawit yang produknya berhubungan langsung dengan pasar dunia.
 
Sejarah
Pesantren ini dirintis sejak tahun 1995 oleh Kiai Haji Shochieb dan Nyai Hj. Raden Ayu Siti Bakhriyah. Secara geografis dan administratif pemerintahan, Pondok Pesantren Nurul Iman terletak di Jalan Tempino KM 17 & 18 Desa Muaro Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Di sekitar wilayah tersebut, dihuni oleh masyarakat petani yang umumnya melakukan usaha perkebunan karet dan kelapa sawit yang produknya berhubungan langsung dengan pasar dunia.

        Pondok Pesantren Nurul Iman didirikan dengan nama Nurul Iman karena dimaksudkan untuk mengenang jasa nama ulama besar dari Mlangi Yogyakarta, yaitu Mbah Kiai Nur Iman (R.P.H. Sandiyo), nama kecil dari putra Kanjeng Susuhunan Amangkurat IV (R.M. Suryo Putro). R.P.H. Sandiyo merupakan buah dari perkawinan R.M. Suryo Putro (1719-1726) dengan Putri R.A. Retno Susilowati, putri Adipati Wironegoro (Untung Suropati), Bupati Pasuruan. Ibu Nyai Hj. Siti Bakhriyah selaku pendiri Pondok Pesantren Nurul Iman merupakan cucu cicit dari Mbah Kiai Nur Iman.

        Awalnya, pada tahun 1994, pondok pesantren ini hanya berupa kelompok pengajian yang diadakan oleh Bapak Kiai Shochieb dan Ibu Nyai Hj. Siti Bakhriyah. Lama-kelamaan, pengajian tersebut menjadi pesantren yang memiliki santri tak hanya dari masyarakat sekitar, namun juga meluas hingga luar wilayah seperti Penerokan, Sungai Bahar, Batang Hari, Tanjung Jabung, Bangko, Musi Banyuasin, sampai Riau, dan lain-lain.

Seiring perkembangan waktu, berkat rahmat dan karunia Allah SWT, jumlah santri Pontren Nurul Iman mengalami perkembangan pesat. Melihat dinamika perkembangan pesantren dan kebutuhan masyarakat, kini telah dikembangkan beberapa lembaga pendidikan seperti Madrasatul Khuffadz, Madrasah Salafiyah I, II, III, dan IV, serta Majelis Taklim.

       Untuk merespons tantangan perkembangan zaman yang kian lama kian kompleks, dikembangkan juga lembaga pendidikan umum. Pada tahun 2001, di atas tanah wakaf telah didirikan PAUD, SMP, SMA, SMK Islam al-Arief yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Iman. Keberadaan pendidikan umum ini tidak dapat dipisahkan dari pendidikan Pesantren Nurul Iman. Di samping itu, Nurul Iman juga mendirikan pesantren khusus mahasiswa di Mendalo, Jambi, yang bernama Pondok Pesantren Aswaja Nusantara.

Pendiri
1. KH. Shochieb
2. Nyai Hj. Raden Ayu Siti Bakhriyah

Pengasuh
1. KH. Shochieb
2. Nyai Hj. Raden Ayu Siti Bakhriyah
3. KH. Syarif Hidayatullah

Pendidikan

Pendidikan Formal
1. SMPS Islam Al Arief
2. SMAS Islam Al Arief
3. SMKS Islam Al Arief

Pendidikan non Formal
1. Madrasah Diniah
2. Tahfidzul Qur'an
3. Tahsin Qur'an

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha: Pelatihan Komputer, Pertanian
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16. Olahraga
17. Kaligrafi


Hadrah di pesantren Nurul Iman


Pelatihan komputer di pesantren Nurul Iman

Fasilitas

Pondok Pesantren Nurul Iman telah memiliki lahan seluas 10 ha serta sarana dan prasarana diantaranya adalah
1. 30 ruang belajar untuk putri
2. 20  ruang belajar untuk putra
3. 2 musholla
4. 6 aula
5. 2 kantor sekolah
6. 1 kantor TU pondok pesantren
7. 1 kantor  pondok pesantren
8. 14 kompleks asrama putra dengan 69 kamar
9. 6 kompleks asrama putri dengan 39 kamar
10. 2 koperasi
11. 2 kantin
12. 1 boutique
13. 2 kamar tamu
14. Perpustakaan
15. Lab. IPA
16. Lab. komputer
17. 2 UKS
18. 1 Poskestren
19. Lapangan olah raga
20. Studio Musik
21. Dapur Umum
22. Jemuran
23.  MCK
24. Gedung BLK


Gedung sekolah di pesantren Nurul Iman


Gedung BLK di pesantren Nurul Iman

Alamat

Jalan Tempino KM. 17 & 18 Desa Muaro Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Propinsi Jambi
Kode Pos   :  36364
Telepon      :  0812-2812-695
                      08228-0000-720
Email          :  nurulimansebapo@gmail.com


Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: Pondok Pesantren Nurul Iman

 

KUNJUNGI JUGA

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.