Pesantren Lubabul Fattah, Tulungagung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Lubabul Fattah, Tulungagung
Sumber Gambar: Istimewa

Profil

Pesantren Tahfidz adalah lembaga pendidikan Islam yang khusus didedikasikan untuk menghasilkan generasi Qurani yang ulung dalam menghafal, memahami, dan mengamalkan Al-Qur'an. Hal ini sesuai dengan Visi pondok pesantren Lubabul Fattah yaitu menciptakan generasi Qur'ani yang berakhlakul Karimah dan unggul dalam prestasi. Adapun Misi pesantren ini meliputi:

  1.  Menciptakan pesantren dengan media pembelajaran berkualitas yang berorientasi pada prestasi akademis.
  2.  Mewujudkan insan yang berbudi pekerti luhur sebagai implementasi keimanan dan ketakwaan.
  3.  Menerapkan quality quality base school system untuk menjamin proses KBM yang unggul.
  4.  Mengkonfigurasikan kurikulum pesantren Salaf berbasis literatur klasik yang sejalan dengan perkembangan Iptek dan kebudayaan.
  5.  Menyelenggarakan sistem pendidikan Tahfidz yang berjenjang dan berkarakter Qurani.
  6.  Membentuk generasi yang ikhlas peka peduli dan bertanggung jawab terhadap kemanusiaan dan lingkungan.
  7.  Menyiapkan generasi yang berlandasan Manhaj Aswaja.

Cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Lubabul Fattah tidak terlepas dari dukungan Jamaah Kuliah Subuh dan Jamaah Rotibul Haddad. Pada awal mulanya KH. Muhammad Saiful Anam berupaya mendirikan rumah untuk beliau pribadi saja, namun oleh jamaah beliau disarankan untuk mendirikan Pondok Pesantren sekaligus sebagai markas Rotibul Haddad. Nama Ratibul Haddad ini sebenarnya diambil dari nama salah satu amaliyah yang disusun oleh salah seorang ulama terkemuka dari Hadramaut yakni Abdullah bin ‘Alawi bin Muhammad al-Haddad.

Beliau merupakan seorang mujaddid (pembaharu) di masanya. Ratibul Hadad disusun pada tahun 1071 Hijriah, bermula ketika para pemuka Hadramaut merasa khawatir akan masuknya kelompok Syi'ah Zaidiyah di wilayah Hadramaut. Mereka khawatir aqidah Syi'ah Zaidiyah akan mempengaruhi terhadap keyakinan orang awam yang sejak lama berpegang teguh pada aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah yang telah diajarkan oleh para Salafus Shalih. Berdasarkan hal ini, mereka menghadap kepada al-Qutb Abdullah bin ‘Alawi al-Haddad agar diberi bacaan supaya hal yang mereka khawatirkan tidak terjadi.

Dengan berbagai ikhtiar yang beliau lakukan di pilihlah tanah pondok saat ini untuk didirikan pondok pesantren. Pada tanggal 26 April 2018 dilaksanakan peletakan batu pertama dan setiap malam jumat beliau mengajak beberapa santri yang ada di pondok pesantren Putra Menara Al-Fattah untuk mengadakan majelis seaman Al-Quran dengan tujuan agar tanah cikal bakal pondok pesantren nantinya menjadi tanah yang barokah. Untuk perkembangan pondok pesantren, pada tahun 2019 didirikan Madrasah Diniyah untuk santri masyarakat sekitar pondok, tujuannya tidak lain adalah sebagai sarana dan fasilitas dakwah pondok pesantren lubabul Fattah masyarakat luas.

Pada tahun 2020, pondok pesantren ini terus berkembang semula hanya terdiri dari satu lantai, kini menjadi tiga lantai. Tidak hanya sampai di situ, pada tahun 2022 pondok ini mulai merintis sekolah formal yang di beri nama SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah dan mulai di buka ajaran baru pada bulan Juli 2023/2024

Pendiri dan Pengasuh
KH. Muhammad Saiful Anam

Pendidikan

Program Pendidikan
Program unggulan di pondok pesantren ini adalah program Tahfidzul Qur'an. Di sini menggunakan metode sorogan. Yang termasuk rangkaian kegiatan santri Tahfidz meliputi setoran tambahan pagi, murojaah seperempatan dan Imtihan Al Qur'an apabila sudah mendapat target. Ada juga program non Tahfidz.

Santri non Tahfidz disini lebih dikenal dengan santri kitab. Adapun kegiatan santri kitab meliputi ngaji kitab kuning dengan metode badongan yaitu proses belajar dimana Kyai atau Ustadz membacakan kitab dan santri memaknai seperti yang di bacakan ustadz sekaligus mencatat hal-hal penting yang diajarkannya.

Disamping itu santri kitab juga wajib menghafalkan 7 surah khusus dalam Al Quran yaitu Surah Yasin, Surah Kahfi, Surah Dukhan, Surah Sajadah, Surah Ar Rahman, Surah Waqiah, Surah Al Mulk. Santri non tahfidz sendiri juga memiliki imtihan khusus dari 7 surah khusus yang telah dihafal dan apabila sudah tuntas maka di wisuda setiap bulan Muharam bersama dengan para santri khatam Tahfidz Al Qur'an. Dalam upaya tercapainya pendidikan, Pondok Pesantren Lubabul Fattah menggunakan tiga pilar dalam Islam sebagai motto pesantren yakni Iman, Islam dan Ihsan.

Pendidikan Formal
SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah.

Pendidikan non Formal
1. PPTQ Lubabul Fattah.
2. MQ (Madrasatul Qur'an) Lubabul Fattah.

Ekstrakurikuler

Pesantren Lubabul Fattah memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :

    1. Hadrah
    2. Sholawat barjanji
    3. Manaqib
    4. Muhadhoroh
    5. Sholawatan
    6. Diba'an
    7. Manaqiban
    8. Pelatihan Multimedia



Hadrah di pesantren Lubabul Fattah

Muhadharah di pesantren Lubabul Fattah

Fasilitas

Pesantren Lubabul Fattah​ memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Aula
3. Koperasi
4. Dapur
5. Lapangan voli
6. Lapangan sepakbola



Masjid di pesantren Lubabul Fattah


Gedung pesantren di pesantren Lubabul Fattah

Alamat

RT/RW 04/01 Dsn. Mekarsari Ds. Tunggulsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung Prov. Jawa timur
Kode Pos 66222. Telepon/WhatsApp: 0857-5586-0797

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui   Instagram: lubabulfatah atau media_lubabul_fattah
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

____________________________
Penulis: Syaidah Purnamasari
UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung


                

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.