Ini Keutamaan Shalat Shubuh

 
Ini Keutamaan Shalat Shubuh

LADUNI.ID,AGAMA - Di antara shalat-shalat yang ada, shalat subuh adalah yang mengawali hari. Ia adalah shalat yang paling penting yang harus dijaga betul pelaksanaannya, sebab tidak semua orang bisa konsisten, bahkan shalat ini terasa berat bagi orang-orang munafik.


Masih merasa sulit bangun shalat Subuh? Atau masih merasa seolah mengangkat beban berat kala adzan Subuh berkumandang. Mari kita simak sebuah hadist Rasulullah SAW semoga menjadi motivasi bagi kita semua.


Dari sahabat Jundub bin Abdullah radhiyallaahu 'anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَن صَلَّى الصُّبحَ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ ، فَلا يَطلُبَنَّكُمُ اللَّهُ مِن ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَيُدرِكَهُ فَيَكُبَّهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Barangsiapa yang menunaikan shalat subuh, maka ia berada dalam tanggungan Allah. Maka janganlah Allah menuntut kamu dengan sesuatu dari tanggungan-Nya, sehingga Allah menjerumuskannya ke dalam neraka Jahanam. (Hadits shahih riwayat Muslim 657).

Hadits di atas memberikan beberapa pesan penting.

Pertama, keutamaan shalat subuh yang membuktikan kekuatan iman seseorang.

Kedua, orang yang menunaikan shalat subuh tepat waktu, maka menjadi tanggungan Allah. Maksudnya apabila ada seseorang yang mengganggunya, maka Allah yang akan membalas kepada orang tersebut.

Ketiga, larangan mengganggu dan menyakiti kaum Muslimin, terutama yang menunaikan shalat subuh tepat waktu. Wallaahu a'lam

Sumber : LBMMUDI