Hindari Tebar Kebencian Kepada Sesama, Menag Ajak Beragama dengan Cinta

 
Hindari Tebar Kebencian Kepada Sesama, Menag Ajak Beragama dengan Cinta

LADUNI.ID,JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada hakikatnya adalah sebuah ikhtiar untuk menekspresikan rasa syukur, gembira dan cinta karena jasa besar Sang Nabi untuk manusia dan kemanusiaan. Karena itu Lukman prihatin dengan fenomena tebar kebencian yang kini justru telah mulai mendera dan merasuk ke dalam tubuh sebagian saudara dengan berbagai kemasan.

“Adakalanya berbungkus agama, politik, ras, suku, dan lain sebagainya. Tidak jarang kebencian berlabelkan agama ditebar melalui mimbar keagamaan, melalui suara keras para pengkhotbah yang penuh kecaman murka dan ungkapan marah,” ungkap Menag Lukman saat memberikan sambutan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/2018 M di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/11) malam.

Lukman menambahkan saat ini mimbar keagamaan telah beralih dari semula sebagai tempat menyebarkan pesan kedamaian menjadi media tebar kebencian, terutama kepada mereka yang berbeda paham keagamaan atau keyakinan.

Karena itu, Lukman mengajak umat Islam di tanah air merenungkah bersama kisah seorang perempuan Muslimah yang dinyatakan oleh Rasulullah akan masuk neraka karena mengurung seekor kucing, tidak diberinya makan sampai mati dalam kandang.

Sebaliknya, lanjut Menag, seorang wanita nakal dinyatakan masuk surga setelah diampuni Allah karena berkat rasa iba dan sayang dalam hatinya, sehingga dia mau memberi minum seekor anjing yang kehausan.

“Rasa kebinatangan saja bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga atau neraka, apalagi rasa kemanusiaan, sebagaimana yang diteladankan oleh Rasulullah,” tutur Lukman 

Karena itu, melalui spirit Maulid Nabi, Menag mengajak semua umat muslim di tanah air membangkitkan kembali rasa kemanusiaan kita agar dapat beragama secara benar.

Menag menyerukan perlunya hati dan jiwa kita dibangkitkan dari keterpurukan dan kegelapan akibat keakuan dan keangkuhan. Ia mengingatkan, cinta dunia, cinta popularitas, kedudukan, gila hormat, sifat tamak, dan lainnya, itulah penyakit yang akan membutakan hati.

“Mari kita beragama dengan cinta kepada sesama, karena beragama tanpa cinta akan hampa tak bermakna. Sebaliknya, bercinta tanpa agama tak akan kekal bahagia,” seru Menag.


Dalam acara itu, uraian Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M dengan tema “Spirit Maulid Nabi Muhammad SAW, Menebar Cinta Menjalin Ukhuwah” disampaikan oleh Ulama Muda Nahdlatul Ulama Yogyakarta, K.H. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, para alim ulama, Duta Besar dan kepala perwakilan negara-negara sahabat.