Kembangkan Rumah Prestasi, Ma’arif NU Jatim Manfaatkan Potensi Nahdliyin

 
Kembangkan Rumah Prestasi, Ma’arif NU Jatim Manfaatkan Potensi Nahdliyin

LADUNI.ID, Nganjuk – Dalam rangka pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh warga nahdliyin itu sendiri, Ketua LP Maarif PWNU Jawa Timur, H Noor Shodiq Askandar menjelaskan bahwa kualitas pendidikan Nahdliyin harus mendapatkan perhatian yang serius.

"Hal ini sebagai bentuk evaluasi perjalanan bagi pengembangan mutu pendidikan di bawah naungan lembaga Maarif NU," katanya saat memberikan pembekalan dalam kegiatan Workshop Evaluasi Pembelajaran bagi Guru-guru LP Ma'arif se-Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Sabtu (17/11) kemarin.

Pada kesempatan itu, Noor Shodiq menyampaikan gagasan terkait perlu adanya rumah prestasi bagi warga NU yang sedang menuntut ilmu. Keberadaan rumah prestasi ini sebagai tempat untuk menampung anak-anak warga NU yang mempunyai berbagai berprestasi dalam dunia pendidikan.

"Tidak boleh ada lagi warga NU yang punya prestasi tetapi terabaikan, tidak dikembangkan atau malah tidak diberdayakan, apalagi masih adanya warga NU yang tidak bersekolah," ujar pria yang belum lama ini meraih penghargaan Santri Award 2018 karena kiprahnya mengaktifkan kemandirian dan kewirausahaan Nahdliyin.

Dia melanjutkan bahwa rumah prestasi nantinya juga merupakan salah satu bentuk akselerasi atau percepatan program dalam meningkatkan kualitas pendidikan warga NU serta upaya pemberdayaannya.

Selain itu, wakil Rektor 2 Bidang Admintrasi dan SDM Unisma ini lebih jauh Noor Shodiq menjelaskan, untuk membangun dan mengembangkan kegiatan tersebut diperlukan kerja sama dan sinergitas dengan lembaga-lembaga yang lain, serta mengupayakan optimalisasi potensi sumberdaya yang dimiliki warga NU itu sendiri.

Hal senada diungkapkan H Zaenal Arifin, ketua Lembaga Maarif Kabupaten Nganjuk ikut  mengamini dan memberikam apresiasi kepada ide tersebut. "Kualitas pendidikan Nahdliyin dan upaya memberdayakan memang sangat diperlukan untuk mengadakan percepatan dalam menumbuhkembangkan peningkatan kualitas mutu pendidikan," kata Zaenal.

Salah satu peserta kegiatan bernama Nikmah mengungkapkan bahwa ia merasa bangga mendapatkan pencerahan dari LP Maarif NU Jawa Timur.

"Ya harusnya seperti ini  yang dilakukan oleh lembaga Maarif dengan melaksanakan berbagai kegiatan untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan, salah satunya kegiatan workshop, saya akan mendukung gagasan Kiai Noor Shodik untuk mewujudkan rumah prestasi tersebut," terang Nikmah.

Pada sambutan penutupan kegiatan, Noor Shodiq berpesan agar para guru tidak mudah putus asa dalam berikhtiar mencari solusi atas berbagai persoalan umat terutama masalah pendidikan.