Di Sumenep, Gus Mus Sebut Maulid Nabi dan Haul Itu Bid’ah

 
Di Sumenep, Gus Mus Sebut Maulid Nabi dan Haul Itu Bid’ah

LADUNI.ID, Sumenep - Ketika memberikan pengajian di Pantai Salopeng, Desa  Semaan, Kecamatan Dasuk, Sumenep Jawa Timur, KH. Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus menilai Maulid Nabi Muhammad SAW adalah bid'ah.

Secara bahasa, bid’ah berarti membuat sesuatu tanpa ada contoh sebelumnya. Meskipun dua pekerjaan itu masuk dalam kategori bid'ah, namun Gus Mus menganjurkan kepada para masyarakat dalam pengajian agar maulid dan haul dilakukan setiap malam.

"Saya, meskipun banyak orang mengatakan bid'ah, saya menganjurkan setiap malam Maulidan setiap Haul. Kalau tidak bisa, tiap minggu, kalau tidak bisa bulan, jangan hanya bulan maulid, itu sangat kurang menurut saya," katanya di Sumenep, pada Jum'at (9/11) malam.

Gus Mus juga menekankan bahwa orang yang seringkali membid'ahkan maulid nabi adalah orang yang kurang piknik. Mereka adalah kelompok yang hanya kenal pada bid'ah yang menyesatkan.

Menurut Gus Mus, dengan merayakan Maulid Nabi orang tambah dikenalkan kepada Rasulullah dan diharapkan bisa meneladani akhlak kenabian yang dicontohkan oleh Rasulullah. (Sumber: Times Indonesia)