Literasi Media, Memperkuat Masyarakat Saring Tayangan Berkualitas

 
Literasi Media, Memperkuat Masyarakat Saring Tayangan Berkualitas

LADUNI.ID | BALI - Selasa, (30/10) kemarin KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), menggelar acara Literasi Media dengan tema “Memilih Siaran Yang Berkualitas “ yang berlangsung di Trans Resort Bali Hotel. Dalam acara ini KPI mengundang para mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Bali, akademisi/pengajar, tokoh masyarakat dalam hal ini dari PWNU provinsi Bali beserta banom dan lembaganya seperti Muslimat, Ansor, IPNU, IPPNU, LTNNU dan lainya, kemudian ada juga dari konstituen Dapil, LSM, Kelompok Masyarakat Peduli Penyiaran di daerah, Lembaga Penyiaran Lokal dan Jaringan di daerah serta penggiat Literasi Media. Dan sebagai narasumber adalah Arvin Hakim Thoha dari Komisi 1 DPR-RI, Ubaidillah dari Komisioner KPI pusat dan Wahyudi Budi Nugroho (Akademisi dan Dosen UNUD)

Dalam sambutanya, Drs. Maruli Matondang, M.SI, menjelaskan sekilas tentang KPI. ”KPI adalah lembaga negara independen yang menaungi hal-hal mengenai penyiaran, KPI terdiri dari KPI Pusat dan KPI Daerah, KPI Pusat berjumlah 9 orang sedangkan KPI Daerah berjumlah  7 orang dan dipilih oleh DPRD”. 

Drs. Maruli juga menambahkan jika tugas KPI ialah menjamin seluruh masyarakat untuk memperoleh informasi yang layak dan benar, melalui 2 media penyiaran yaitu televisi dan radio. KPI telah bekerja dengan maksimal dengan melakukan pengawasan isi siaran dan melakukan pembinaan kepada lembaga penyiaran. KPI juga selalu berusaha keras untuk menjaga moral bangsa. "KPI turut melakukan survey indeks kualitas terhadap program siaran, yang  bekerjasama dengan 12 perguruan tinggi negeri di 12 kota, salah satunya dengan universitas Udayana Bali.  KPI juga bekerja sama dengan 120 panel ahli  yang rata-rata mereka semua lulusan  S2 dan S3 untuk melakukan survey terhadap 8 program isi siaran yaitu religi, sinetron, variety show, infotainment, wisata budaya, program anak, talkshow dan berita." tambahnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN