Kontingen Jatim Kembali Sabet Juara Umum Kompetensi Sains Madrasah 2018

 
Kontingen Jatim Kembali Sabet Juara Umum Kompetensi Sains Madrasah 2018

LADUNI.ID, Bengkulu – Prestasi gemilang kembali ditorehkan Kontingen Jawa Timur pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018 di Bumi Rafflesia, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, 24-28 September 2018. Prestasi  siswa madrasah Jatim gemilang karena tujuh kali berturut turut menyabet juara umum sejak ajang KSM ini dimulai pada 2012.

Di malam penganugerahan  dan penyerahan medali yang dihadiri Menag Lukman Hakim Saifuddin di GOR Bengkulu, Jumat malam (28/09), kontingen Jawa Timur berhasil mendulang 40 medali. Mereka meraih juara umum dengan perolehan 8 medali emas, 18 perak, dan 14 medali perunggu.

Sementara itu, peringkat yang berada di bawah Jatim, posisi kedua diraih kontingen KSM Provinsi Jawa Tengah yang meraih 16 medali,  dengan rincian 5 medali emas, 7 perak, dan 4 perunggu. Posisi ketiga ditempati kontingen Provinsi DKI Jakarta dengan raihan 6 medali, yakni 4 emas dan 2 perak. Medali emas juara ajang KSM tersebut diserahkan Menag Lukman Hakim di malam penutupan KSM 2018.

Bukan hanya medali emas dan uang jutaan rupiah, tetapi para juara KSM 2018 juga mendapat tiket masuk dua perguruan tinggi Islam terkemuka tanpa tes. PTKIN terkemuka itu yakni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang plus beasiswa selama masa studi di Fakultas Sains dan Teknologi.

Untuk juara 2 dan 3,  diserahkan Direktur Kurikulum Sarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Ditjen Pendis Kemenag, A. Umar, masing-masing mendapatkan medali perak dan perunggu ditambah uang jutaan rupiah.

Menurut Dirjen Pendis Kamaruddin Aman di malam penutupan, KSM tahun ini digelar 4 (empat) jenis kompetisi yakni Kompetisi Sains Madrasah. Dari 104 ribu peserta KSM di tingkat Kabupaten/Kota, 528 siswa berhasil maju di tingkat nasional. 

Terdapat  132 medali diperebutkan, diantaranya 33 medali emas, 44 medali perak, dan 55 medali perunggu. Untuk tingkat MI/SD, KSM 2018 diikuti oleh 105 siswa dengan 2 bidang lomba, yaitu Matematika dan Sains IPA. 

Untuk tingkat MTs/SMP, kegiatan ini diikuti oleh 142 siswa dengan 3 bidang lomba, yaitu Matematika, IPA, dan IPS. Sedangkan untuk tingkat MA/SMA, kegiatan KSM diikuti oleh 281 peserta, dengan enam matapelajaran yang dilombakan, yaitu: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Sementara itu, kompetisi lain yang digelar juga Madrasah Young Researcher Super Camp. Dari 600 proposal penelitian yang masuk, panitia melakukan shortlist menjadi 45 proposal terbaik yang dibagi menjadi 3 bidang penelitian, yaitu bidang Sains dan Teknologi, Sosial dan Humaniora, dan Keagamaan.