Amalan Utama yang Dianjurkan di Bulan Muharram

 
Amalan Utama yang Dianjurkan di Bulan Muharram
Sumber Gambar: Foto Istimewa (ilustrasi foto)

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Muharram termasuk dalam kategori Asyhurul Hurum, karena pada bulan ini “diharamkan” atau “dipantang” melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Dari 12 bulan yang ada dalam kalender Hijriyah, bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT sebagaimana yang termaktub dalam surat At-Taubah ayat 39.

Muharram dikatakan sebagai bulan yang dimuliakan oleh Allah karena di dalamnya terdapat anjuran untuk melaksanakan amalan sunah bagi umat muslim yaitu memperbanyak berpuasa. Kesunahan berpuasa pada bulan Muharram berdasarkan hadits Rasulullah SAW dalam riwayat Imam Muslim sebegai berikut:

أَفْضَلُ الصَّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

"Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa bulan Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam"

Baca Juga: Penjelasan Hukum tentang Puasa Asyura

Hadits lain yang menjadi dasar disunahkannya berpuasa pada bulan Muharram adalah hadits dari Abu Hurairah yang diriwayatkan...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni