Unik, di Warung Sedekah Ini Pembeli Bisa Bayar Seikhlasnya

 
Unik, di Warung Sedekah Ini Pembeli Bisa Bayar Seikhlasnya

LADUNI.ID, Lamongan – Tidak seperti kebanyakan warung makan yang kini ada, sebuah warung makan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menawarkan layanan yang luar biasa. Warung ini diberi nama “Warung Sedekah”. Dari namanya saja, sudah bisa kita tebak bahwa warung ini berkaitan dengan konsep sedekah terhadap sesama.

Pasalnya, di Warung Sedekah ini pembeli akan merasa puas karena bisa makan sepuasnya dengan membayar seikhlasnya. Warung ini terletak di Jalan Laras-Liris No. 53, Kota Lamongan. Sontak warung ini memiliki banyak pembeli. Dengan backdrop dan banner yang dipasang di depan warung, para pembeli berbondong-bondong untuk mengunjungi dan menikmati sajian di dalamnya.

“Warung ini kami dirikan untuk membantu masyarakat yang butuh makan dengan uang seadanya,” ucap salah seorang pendiri Warung Sedekah Afif Zai, pada Jumat, (31/8/2018).

Menurut Afif, Warung Sedekah itu didirikan karena kian tingginya harga kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah tangga, sehingga daya beli masyarakat melemah, apalagi warga yang kurang mampu.

"Niatannya murni membantu masyarakat, karena sekarang ini untuk makan sekali di warung minimal Rp 10 ribu," kata Afif.

Atas keprihatinannya itu, Afif bersama Novi dan dibantu enam orang relawan mendirikan Warung Sedekah untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk mengisi perut. "Ini yang akan kita salurkan secara Istiqomah,” ujarnya.

Warung pun didirikan di jalan Laras-liris yang bedekatan dengan pusat PKL dan jalur menuju ke Pasar Kota. Berdirinya warung di lokasi strategis ini pun berimbas positif pada minat warga kurang untuk datang. “Warung sedekah parnah sampai memasak 25 kilogram beras,” katanya

Praktis, warung yang buka setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu ini perolehan pendapatanya melebihi target. “Kami tidak ada niat ambil untung. Berapa pun pendapatan tidak akan dikembalikan untuk warung sedekah," ucap Afif.

Ia menjelaskan, di Warung Sedekah ini tersedia berbagai menu yang dapat dinikmati pengunjung. "Kalau hari Jumat ada menu lalapan, Sabtu pecel dan Minggu nasi jagung, sayur lodeh, lengkap sama ikan gereh atau ikan asin,” ujarnya.

Warung Sedekah yang awalnya niatnya untuk berbagi, namun ladang sedekah ini diluar dugaan mendapat dukungan dari para dermawan yang membantu dalam bentuk uang tunai maupun berbagai bahan mentah.

"Ada yang membantu beras, ikan dan lainnya. Jumlahnya sangat banyak. Malah ada yang tiba-tiba pengendara sepeda motor mampir bukannya mau makan, tapi memasukkan uang di keranjang tempat jualan," tuturnya.

Apalagi, di Warung Sedekah ini tidak hanya menyalurkan sedekah dengan menyediakan makanan di lokasi. "Prinsipnya hasil dan bantuan dermawan disalurkan habis. Karena sedekah itu bukan untuk ditimbun,” ucapnya.

Namun juga menyalurkan modal berupa bahan makanan pada siapapun yang mau membuka warung sedekah. "Yang mau buka warung sedekah kita kirim barangnya, seperti beras dan ikan," katanya.

Niatan para dermawan mencari ladang sedekah ini berharap Warung Sederhana akan tumbuh kembang semakin banyak di Kabupaten agar bisa membantu masyarakat kurang mampu. (Sumber: Times Indonesia)