Pesantren Wisma Wisnu Kab Madiun

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP0
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Wisma Wisnu Kab Madiun

Profil
Pondok pesantren Wisma Wisnu mulai di dirikan Oleh KH.M. Anwar Muharror dan Ibu Nyai Siti Rodliah Anwar, beliau ibu Nyai Adalah Alumni Pondok Pesantren Nahdlotul Arifin Kedungkaji Ambulu Jember, pada Tahun 1990.  Pondok pesantren Wisma Wisnu diresmikan menjadi lembaga pendidikan Pada Tahun 1997,secara administrasi beliau di bantu oleh
1. Bpk Harun Samoekin.
2. Bpk Naib Dimyati Kota Madiun.

3.Bpk Ngari Manisrejo.
4.Bpk Hj. Kasiran Caruban. Dan juga di bantu tokoh masyarakat di antaranya adalah.

1.Bpk Abd Rohim.
2.Mbah Modin Kamsi
3.Mbah Nur Sholekan
4.Mbah Musman.
 
Adapun nama Wisma Wisnu sendiri menurut Muassis adalah pemberian Al magfurlah KH. Abdurrohman Wachid (Gus dur) yang artinya adalah Wisma: -Rumah Wisnu :-Wasilah Nahdlotul Ulama' . Di Awal pendiriannya Wisma Wisnu berafeliasi pada Ilmu ilmu hikmah (Kejadugan) sehingga santri di masa awal Wisma Wisnu banyak yang melakukan puasa di antaranya puasa dan mulazamah 41 Hari setiap bulan Asyuro' , puasa Mutih, puasa Ngrowot, puasa Ngalong, puasa Ngrendem dll.

Namun saat beliau melihat kemrosotan pemahaman santri pada asas dasar beragama akhirnya beliau mengubah proses pendidikan pesantren bahwa santri harus mendalami terlebih dahulu tentang Ilmu Syareat sebelum mengikuti pembelajaran hikmah..Akhirnya di tahun 1998 beliau memerintahkan putranya Gus Irul untuk sowan Ke Lirboyo meminta izin untuk memakai metode pembelajaran Madrasah lirboyo di pakai di Wisma Wisnu dan di izinkan oleh Almagfurllah KH. Habibulloh Zaini selaku kepala Madin Lirboyo saat itu.
 
Di kemudian hari Wisma Wisnu terus berkembang banyak anak-anak lulusan SMP,  Tsanawiyah yang datang yang putus sekolah karena kurang mampu, beliau Muassis dan bapak Harun Samoekin mendirikan LKSA pada Tahun 2000 dan beliau juga berkeinginan mengembangkan sayap pendidikan Wisma Wisnu dengan pendidikan formal akhirnya beliau Muassis juga di bantu Bapak Harun Samoekin santri beliau dan Holidun Mpd. alumni Pondok Pesantren Mifatul Barkah Cipanas Cipatujah Tasikmalaya Dan juga Alumni Wisma Wisnu.
 
Saudara kemenakan beliau Nur Rohmah Spd. dan Imam Widodo ,Pada tahun 2009 mendirikan pendidikan formal SMK Terpadu Wisma Wisnu. Sebelum itu beliau Muassis dan Ibu nyai juga mendirikan RA (Roudlotul Atfal) Wisma Wisnu Pada Tahun 2003. Setelah itu banyak santri lulusan SD yang datang beliau Memerintahkan Menantunya Agus Holidun Mpd.Untuk mendirikan SMP Terpadu Wisma Wisnu pada Tahun 2015.

Pada Tanggal 25 Maret 2018 Putra beliau Choirul S anwar Alumni pondok pesantren Hidayatul mubtadiin Tegalarum, Bendo, Magetan, pesantren Lirboyo, Pesantren Fatchul Ulum Kwagean Pare kediri, dan Istrinya Ummi Fadlilatunnafiah Al Hafidzoh Alumni pesantren Darul Muta'alimin Pandanasri dan Pesantren Al Maunnah Kemaduh Kertosono Nganjuk, Mendirikan pondok unit yang menampung santri-santri yang ingin mendalami dan menghafal Al Qur an, dengan nama pondok pesantren Tahfidz Wa Ta'limul Qur an Al Anwar Wisma Wisnu yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Wisma Wisnu.
 
Di Tahun Yang sama Gus Irul Mendirikan MQ WW.  Madrasah Qur'aniyah Wisma Wisnu yang kini kepengasuhanya di serahkan ke adiknya Ning Evi Nurul Laila Anwar Zuchalia Al hafidzoh alumni pesantren Annur Ngrukem, Bantul, Jogja, Pesantren Darul Qur'an Sumbersari Pare, Kediri, Pesantren Al Munawiruzuhriyah Dolopo Madiun.

Dan Suami Ari Chusman Syafii Alumni pondok pesantren Hidayatul Mubtadi'in Sanggrahan, Prambon, Nganjuk., pesantren Hidayatul Muntadi'in Lirboyo, pesantren Maunah Sa'ari Bandar Kidul Kediri, pesantren Syakhona Tanjung Kalang Ngrongot Nganjuk. Ppada tahun 2008 mendirikan Madrasah putri Wisma Wisnu yang awal diasuh Ibu nyai kemudian di tahun 2015 di serahkan ke putrinya Ning Anissa' Ridlotul Anwar Zuchalia Alumni pesantren Annur, Ngrukem, Bantul, Jogja, pesantren Fatchul ulum Kwagean,  Pare Kediri. Pada Tahun 1997 Muassis bersama masyarakat juga mendirikan TPQ Wisma Wisnu yang di asuh kerabat beliau Ibu Asiah.

Pengasuh : 

  1. KH.M.Anwar Muharror 
  2. Ibu Nyai Siti Rodliah Anwar

Pendidikan
Pendidikan Formal :
1. SMK Terpadu Wisma Wisnu
2. SMP Terpadu Wisma Wisnu
3. Ma'had Aly
4. Roudlotul Athfal Wisma Wisnu

Pendidikan Informal :
1. Pondok Pesantren L/P
2. Madrasah Diniyah Wisma Wisnu
3. TPA/TPQ Wisma Wisnu
4. PPTQ Al-Anwar
5. Panti Asuhan (LKSA)

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
  2. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
  3. Pengembangan Olahraga
  4. Pramuka
  5. Qashidah
  6. Hadrah
  7. Seni Beladiri: Pencak Silat
  8. PMR
  9. Kursus Bahasa Arab dan Inggris
  10. Ketrampilan Usaha: Perkebunan, Pertanian, Pertukangan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Komputer Jaringan.


Hadrah di pesantren Wisma Wisnu


Pencak silat di pesantren Wisma Wisnu

Fasilitas

  1. Masjid
  2. Gedung asrama santri
  3. kantor
  4. Asrama pengasuh
  5. Dapur
  6. Gedung sekolah
  7. Lapangan
  8. Koperasi santri
  9. Perpustakaan
  10. Laboratorium komputer
  11. Laboratorium kimia
  12. Laboratorium TKR dan TKJ
  13. Laboratorium bahasa
  14. Gudang
  15. Sanitasi/MCK
  16. Klinik kesehatan.


Gedung pesantren di pesantren Wisma Wisnu


Gedung pesantren di pesantren Wisma Wisnu


Alamat
Jalan Jaiman, Dusun Jurug RT 24 RW  04, Desa Jerukgulung, Kecamatan Balerejo, Madiun, Jawa Timur 63152
Telepon: (0351) 386536
             0823-3532-7090
             0852-3524-3099

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 




 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.