Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak, Nganjuk

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP2
MA/SMA3 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak, Nganjuk

Profil

Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula didirikan oleh KH. Abdul Fattah Jalalain jauh sebelum kemerdekaan negara RI tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah 1359 H yang bertepatan dengan tanggal 1 Januari 1940. Pada awalnya pengajian dilakukan dengan metode sorogan dan bandongan. Karena semakin banyaknya para santri yang mondok, maka dibukalah sistem madrasah yang semula bernama Madrasah Salafiyah Nahdlatul ‘Ulama.

Demikian halnya dengan nama pesantren yang semula bernama Pondok Pesantren Nglawak Kertosono dikemudian hari diberi nama Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula. Pada tahun 1967 diadakan proses pe-negeri-an dan diresmikan pada tahun 1968 menjadi MTsAIN dan MAAIN yang sekarang bernama MTsN dan MAN dengan ketentuan bahwa segala tujuan madrasah harus sehaluan dengan tujuan didirikannya Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula berlokasi di desa Nglawak, Kec. Kertosono, Kab. Nganjuk, Jawa Timur. Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula telah berkembang modern dengan mendirikan pendidikan formal di antaranya:MTs Miftahul ‘Ula, MA Miftahul ‘Ula, dan SMK Al-Fattah.

Sejarah
Pondok Pesantren Miftahul 'Ula didirikan pada 1 Januari 1940 oleh K.H. Abdul Fattah (nama setelah haji) atau yang lebih dikenal dengan nama Kyai Jalalain, putra kedua dari Kyai Arif bin Kyai Hasan Alwi (asal Banyakan Grogol Kediri) dengan Sriatun binti Kyai Hasan Muhyi (asal Kapurejo Kediri). Seperti pesantren pada umumnya, Pondok Pesantren Miftahul 'Ula tumbuh dari kegiatan pengajian yang dilakukan oleh Kyai Jalalain bersama ke-enam santri bawaannya dari Tebuireng, pesantren almamaternya. Dari sisi bangunan cikal bakal Pondok Pesantren Miftahul 'Ula adalah sebuah bangunan dari bambu berukuran 10 x 4 meter untuk tempat sholat, belajar, serta tidur para santri. Sedangkan Kyai sendiri untuk sementara tinggal di rumah H. Yasin, tak jauh dari lokasi pesantren.

Beberapa waktu kemudian, berita berdirinya pesantren di Nglawak pun tersebar. Banyak santri yang kemudian datang untuk berguru kepada Kyai Jalalain. Santri yang dulunya hanya enam orang bertambah menjadi lima puluh orang. Banyak dari mereka yang datang dari luar Nganjuk. Keadaan ini mendorong Kyai Jalalain untuk mendirikan suatu Madrasah Salafiyah yang berinduk pada Madrasah Tebuireng.
 
Ini berarti Pesantren Nglawak mulai ditetapkan sistem klasik dalam pengajarannya, di samping sistem weton yang telah lebih dulu ada. Dalam system madrasi ini dibuka sebelas kelas : dua kelas tingkat sifir, enam kelas tingkat ibtidaiyah, dan tiga kelas tingkat tsanawiyah. Setelah penetapan sistem madrasi berjalan kurang lebih lima tahun, jumlah santri menjadi bilangan seribu orang, suatu perkembangan yang tergolong spektakuler dan fantastis. Santri senior pun menjadi guru untuk membantu kyai mengajar, karena tak mungkin bagi beliau mengajar seluruh santri seorang diri. Untuk menampung para santri yang membludak, dibangunlah kamar-kamar baru atas partisipasi dan kedermawanan banyak pihak.

Pengasuh
1. KH. Abdul Fattah Jalalain
2. Drs. KH. Abd. Qodir, AF

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. Madrasah Diniyah Miftahul ‘Ula
2. Madrasah Tsanawiyah pe-Negeri-an (MTs-N)
3. Madrasah Aliyah pe-Negeri-an (MA-N).
4. Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula (MTsM).
5. Madrasah Aliyah Miftahul ‘Ula (MAM)
6. Sekolah Menengah Kejuruan AL-FATTAH (SMK AL-FATTAH)
7. Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ula (STAIM)

Ekstrakurikuler


Pengajian di pesantren Miftahul ‘Ula


Pelatihan komputer di pesantren Miftahul ‘Ula

Fasilitas

  1. 20 Kamar luas (pondok putera)
  2. Kamar 2 lantai (pondok putri)
  3. Kamar Mandi
  4. Masjid
  5. Perpustakaan
  6. Gedung sekolah dan Madrasah
  7. Gedung Kampus
  8. Kantin
  9. Koperasi
  10. BLK

 


Gedung sekolah di pesantren Miftahul ‘Ula


Gedung sekolah di pesantren Miftahul ‘Ula

Alamat

Desa Nglawak, Kec. Kertosono, Kab. Nganjuk, Jawa Timur. 64315
Telepon: (0358) 551345, 0812-1710-690, 0857-0694-4929, 0822-3379-0368
            

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : miftahulula12.blogspot.com

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.