Pesantren Darut Taqwa Ngalah Pasuruan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA3 Maly/Univ.1
Tahfidz0 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darut Taqwa Ngalah Pasuruan

Profil
Pondok Pesantren Ngalah atau yang disingkat dengan PPN dan yang lebih dikenal dengan sebutan Pondok Ngalah merupakan salah satu Pondok Pesantren yang bertempat di Kabupaten Pasuruan. Pondok Ngalah didirikan oleh KH. Moh. Sholeh Bahruddin Kalam pada bulan 30 Agustus 1985 Masehi atau bertepatan dengan Jum’at Pahing bulan 14 Dzulhijjah tahun 1405 Hijriyah.

Sama halnya dengan Pondok Pesantren yang lain tentunya Pondok Ngalah juga mempunyai histori yang panjang. Diawali pada tahun 1984 setelah manjing suluk (mendalami ilmu thoriqoh) pada KH. Munawir Kertosono, pengasuh sekaligus pendiri pondok yaitu KH. Moh. Sholeh Bahruddin mendapat amanah dari beliau (KH. Munawir) dan ayahnya (KH. Bahruddin Kalam) untuk mendirikan pondok pesantren.

Inti dari amanah tersebut adalah KH. Moh. Sholeh Bahruddin diperintah mencari tempat untuk mendirikan pondok pesantren. Akhirnya pada akhir tahun 1984 KH. Moh. Sholeh Bahruddin berhasil menemukan tempat yang sesuai seperti apa yang diamanahkan oleh gurunya.

Tepatnya pada hari Jumat Pahing bersamaan dengan pelaksanaan shalat jumat, Pondok Pesantren Ngalah diresmikan oleh KH. Bahruddin Kalam yang disaksikan oleh beberapa ulama, pemerintahan dan masyarakat sekitar. Ulama yang hadir pada saat itu diantaranya adalah KH. Munawir (Kertosono-Nganjuk-Jawa Timur), KH. Abu Amar (Pasrepan-Pasuruan-Jawa Timur), KH. Sirajuddin (Purwosari-Pasuruan-Jawa Timur) dan perwakilan ulama Sidogiri yang membawa pesan dari KH. Nawawi bahwa beliau sangat ridho dengan berdirinya pondok pesantren ini.

Tidak hanya itu selang beberapa itu, KH. Ahmad Muthohar (Mranggen-Semarang-Jawa Tengah), pengarang beberapa kitab klasik sekaligus guru KH. Moh. Sholeh Bahruddin, datang ke bumi Ngalah dan juga memberikan restunya terhadap berdirinya Pondok Pesantren Ngalah. Setelah Pondok Pesantren Ngalah diresmikan, awalnya Pondok Pesantren Ngalah memiliki beberapa santri yang dibawa oleh pengasuh dari pondok ayahnya di Carat-Gempol-Pasuruan.

Karena pada saat itu belum ada gute'an (tempat semacam asrama untuk istirahat santri), maka dibangunlah gute'an tersebut seadanya dari bambu untuk istirahat. Kemudian pada tahun 1986 dengan kegotongroyongan masyarakat sekitar berdirilah bangunan berlantai dua dengan jumlah 4 kamar sebagai tempat tidur santri putra yang kemudian disebut asrama A (A.1 A.2 A.3 A.4) dan kini beralih menjadi A.1 A2 dan A.8 A.9. Tidak hanya itu seiring dengan pergantian waktu, santri yang menuntut Ilmu pada beliau (Romo KH. Sholeh Bahruddin) kian hari kian bertambah banyak, tak ketinggalan pula santri putri pun mulai banyak yang mengaji dan belajar kepada beliau.

Melihat perkembangan santri putri yang kian bertambah membuat para sahabat beliau ikut memikirkan tempat tinggal mereka. Tidak jauh beda dengan pembuatan asrama putra, pembangunan tempat tinggal bagi santri putripun dilakukan, walhasil tidak lama kemudian berdirilah asrama B dengan jumlah kamar pertama kali 2 lokal yaitu B.1 B.2 yang kini menjadi kantor pusat putri.

Pengasuh 
KH. Moh. Sholeh Bahruddin
Drs. KH. Samsudin, Lc

Jenjang Pendidikan
Pendidikan Formal

  1. PAUD Anak Sholeh
  2. TK Darut Taqwa
  3. MI Darut Taqwa
  4. MTs Darut Taqwa
  5. SMP Darut Taqwa
  6. MA Darut Taqwa
  7. SMA Darut Taqwa
  8. SMK Darut Taqwa
  9. Universitas Yudharta



Pendidikan Non Formal

  1. Jenjang Kanak-kanak
  2. Jenjang Ula
  3. Jenjang Wustho
  4. Jenjang Ulya
  5. Madrasah Al-Qur'an Ngalah

Ekstrakurikuler

  1. Pers dan Jurnalistik
  2. Pramuka
  3. PMR
  4. Seni Teater
  5. Seni Musik
  6. Al-Banjari
  7. Paduan Suara
  8. PKS
  9. Pagar Nusa
  10. Karya Ilmiah Remaja
  11. Mentoring
  12. Muhadharah
  13. Voli
  14. Tata Boga
  15. Panahan
  16. Futsal
  17. Sepakbola
  18. Pecinta Alam
  19. Nasyid
  20. Hadrah Banjari
  21. Kaligrafi
  22. Robotik
  23. Membatik
  24. MPK
  25. OSIS

p
Baca Al Qur'an di pesantren Ngalah


Hadrah di pesantren Ngalah

Fasilitas

  1. Masjid
  2. Asrama Santri
  3. Kantor
  4. Asrama Pengasuh
  5. Dapur
  6. Gedung Sekolah
  7. Gedung Kampus
  8. Lapangan
  9. Koperasi Santri
  10. Perpustakaan
  11. Laboratorium Komputer
  12. Laboratorium Bahasa
  13. Gudang
  14. Kamarmandi/wc
  15. Klinik Kesehatan


Gedung pesntern di pesantren Ngalah



Gedung pesantren di pesantren Ngalah


Alamat
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan Jawa Timur
Kode Pos 67162, Telp./Fax. (0343) 614405 / 611250 / 611711

E-Mail: pondokngalah@gmail
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.