Hikmah

 

Cerminan Kezuhudan KH. Abdullah Hadziq dalam Kehidupan Sehari-hari

KH. Abdullah Hadziq adalah putra pendiri Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Jepara, KH. Hasbullah

Komandan Roni, Banser Kraksaan yang Menangis Saat Dengar Mars Syubbanul Wathan

Menjadi Banser adalah sebuah pengabdian, bukan hanya mengabdi kepada agama tapi pada para ulama, masyarakat, bangsa, dan negara.

Hati Lebih Besar dari Alam Semesta Ini

hati atau qalbu lebih luas dari duniawi ini, karena hati tidak adanya sempadan, tidak adanya batas halangan, bermacam-macam yang bisa di isi dan dimanfaatkan

Keutamaan Memberi Hadiah Pada Ulama

Namanya Ahmad profesinya hanya penjual permen atau manisan. Dia memang fakir tapi mencintai Ulama dan suka hadir dalam majlis ilmu. Dia juga suka memberi hadiah kepada para ahli fikih sembari meminta do'a agar anaknya (Abdul Aziz) menjadi Faqih

Gambaran Laku Spiritual dan Filosofi Hidup Mbah Manab

Support serta dukungan dari sang istri ini pula yang membentuk kepribadian Mbah Manab menjadi pribadi yang mulia.

Kisah Pemintal Benang: Mutiara dari Allah SWT

Sang ulama menjawab, “Jika mutiara itu berlubang, maka itu adalah milik orang lain. Namun jika tak berlubang, maka itu sungguh pemberian Allah SWT untuk kalian”.

Karomah KH. Sahal Mahfudz yang Disaksikan Banyak Orang

KH. Sahal Mahfudz, mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia (2000-2014) dan Rais ‘Aam PBNU (1999-2014) dikenal sebagai seorang ahli fikih

Kekuatan Hafalan Imam Bukhari Ketika Diuji Oleh 400 Ulama Hadis

Saat Imam al-Bukhari berada di Samarkand, 400 ulama hadis datang untuk menguji beliau dengan hadis yang sanad dan nama periwayatnya sudah dicampuradukkan, mengubah sanad Syam ke sanad Hijaz, dan seterusnya.

Kisah Abu Jahal Menikmati Syahdunya Al-Qur’an

Sebetulnya, Abu Jahal merasa takjub dengan Al Qur’an. Akan tetapi, karena gengsi dan kesombongannya, Abu Jahal tidak mau terang-terangan mengakuinya. Sampai akhirnya apa yang dia sembunyikan itu terbongkar.

Kisah Cinta Abdullah, Ayah Nabi Muhammad SAW Menolak Lamaran Perempuan Cantik dan Kaya

Cinta Abdullah hanya untuk Aminah, bahkan ketika seorang perempuan cantik dan kaya, yang bernasab baik ingin menikahinya, ditolak olehnya.