Artikel Keagamaan

 

Lebanon dan Pesan Perdamaian

Di tengah situasi konflik yang pecah di berbagai belahan dunia, terdapat berbagai narasi di dunia maya yang dikembangkan oleh sekelompok orang untuk menarik konflik tersebut kepada persoalan agama.

Share Status yang Baik di Sosmed adalah Jariyah

Tidak jarang pengguna aplikasi smartphone yang meng-share tulisan-tulisan bersifat provokatif dan sangat berbahaya karena berpontensi meretakkan kohesivitas sosial di dunia nyata.

Khutbah Jumat: Meneladani Keta’atan Keluarga Nabi Ibrahim AS

Kisah Kholilullah Ibrahim AS merupakan kisah keluarga yang yang menggambarkan adanya ketulusan, ketabahan, perjuangan dan ketaatan yang luar biasa dari orang-orang yang juga luar biasa yang akhirnya menjadi contoh dan panutan bagi para pemeluk agama Samawi, terutama ummat Islam.

Berwudhu Sebagai Syarat Sah Shalat, Tapi Juga Berfungsi Menjaga Kesehatan

Berwudhu Sebagai Syarat Sah Shalat, Tapi Juga Berfungsi Menjaga Kesehatan

Menfungsikan Siang dan Malam secara Tepat, Tafsir Surah An-Naba’ Ayat 9-11

Siang dan malam membentuk pola kehidupan di bumi. Aktivitas manusiapun dari pagi sampai malam, sampai kembali pagi lagi, diatur oleh matahari.

Ahli Tahajud: Rahasia Sang Pedang Malam, Muhammad Al-Fatih Merontokkan Konstantinopel

Jika kita bertanya, siapakah yang berjasa menumbuhkan benih Islam di jantung Eropa, seperti Bosnia, Herzegovina, misalnya? Jawabannya...

Amalan-Amalan Zikir pada 10 Hari Dzulhijjah

Sebagaimana ditulis oleh Ustadz Ma’ruf Khozin, ada 7 amalan yang dapat dilakukan pada 10 malam pertama bulan Dzulhijjah

Setiap Benci Pasti Ada Cinta, Maka Berilah Maaf

Agama menginginkan kita menjalin kehidupan yang harmonis. Saling maaf-memaafkan. Jika misal ada kesalahan di masa lalu, mari kita maafkan dan bina hubungan kita dengan baik.

Makna Al-Muqshith Lebih dari Sekadar Adil

Ada salah satu sifat Allah, yaitu Al-Muqsith, qisth. Qisth itu berbeda dengan adil. Bila adil adalah menuntut semua hak dan memberi semua kewajiban.

Pentingnya Syarah dalam Penyembelihan Hewan Kurban

Dalam matan diterangkan bahwa penyembelihan hewan itu harus membaca bismillah. Namun demikian, apakah kata “harus” dalam matan itu berarti tentang sah tidaknya hewan kurban yang kita sembelih?