Artikel Keagamaan

 

Inilah 10 Sahabat yang Dijanjikan Masuk Surga

Tercatat dalam Arriyadh Annadhirah fi Manaqibil Asyarah dari sahabat Abu Dzar r.a., bahwa Rasulullah masuk ke rumah Aisyah ra dan bersabda: “Wahai Aisyah, inginkah engkau mendengar kabar gembira?” Aisyah menjawab: “Tentu, ya Rasulullah.”

Dakwah Ulama Aswaja Menurut Ustadz Ma’ruf Khozin

Ajaran Islam terdiri dari Aqidah, Syariah/ Fikih dan Akhlah/ Tasawuf. Ini adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

6 Ciri Orang yang Mencintai Nabi Muhammad SAW

Mencintai Nabi Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi umat Islam. Ada perasaan tenang dan tenteram dengan mencintai kekasih Allah SWT.

Mengusap Kepala Saat Wudhu' adalah Sunah Menurut Jumhur Ulama?

Statemen tersebut disampaikan oleh Ustaz Salafi. Benarkah? Mari kita belajar lagi dari dasar.

Keridhaan Allah adalah Pemberian Paling Besar

Belum lengkap rasanya menikmati kesenangan dan kebahagiaan di dalam surga kalau tidak mendapat ridla Allah. Keridlaan Allah adalah kunci dari ketenangan batin penghuni surga.

Bacaan Qur'an Kurang Fasih, Pahalanya Tidak Sampai pada Mayit?

Menurut yang bertanya, ada ustaz Salafi yang bilang kepada masyarakat bahwa jika ngaji Qur'an jelek –tidak  fasih, maka tidak akan sampai pahalanya untuk Almarhum yang dibacakan Yasin, misalnya.

Bagaimana Hukumnya Bila Tertinggal Shalat Jumat? Ini Penjelasan Gus Mus

Di hari Jumat, bila meninggalkan salat Jumat, ada yang kemudian melakukan salat Zhuhur seperti biasa, ada yang hanya salat dua rakaat, ada yang bahkan tidak melakukan salat sama sekali. Mana yang betul?

Menanamkan Ghirah Penerus Ulama Padang

Giliran saya dan Dr Ahmad Ginanjar Sya'ban silaturrahim di pesantren yang berafiliasi ke NU atau Perti, yang kami tanamkan adalah dalil Amaliah dan sejarah ulama mereka di masa silam.

Khutbah Jum’at: Peran Akhlak dan Etika dalam Berbangsa dan Bernegara

Secara bahasa Akhlak atau budi pekerti disamakan dengan kata “Moral” atau “Ethic”, yang sama-sama berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Mores” dan “Ethicos”, yang bermakna adat kebiasaan