Artikel

 

Buku Saku Umar bin Khattab: Rahasia Kekayaan Seorang Khalifah

Banyak sekali pandangan orang (terutama) orang yang kurang berilmu mengatakan bahwa islam tuh mendidik kita untuk sederhana sampai bisa dikatakan miskin. Sehingga ada istilah "tidak apa-apa miskin harta asal kaya hati" atau "makan gak makan yang penting kumpul", Pada prinsipnya dalam Islam diajarkan sikap zuhud dalam duniawi.

Biografi KH. Shodiq Mahmud, Pesantren Mahasiswa Al-Jauhar, Jember

Sambil bertugas di Kodim, Kyai Shodiq menempuh kuliah di Fakultas Hukum Universitas Jember, dan lulus tahun 1964. Pada tahun itu juga, NU Jember menggelar konferensi, yang salah satu rekomendasinya adalah mendirikan perguruan tinggi, dengan nama Institut Agama Islam Djember (IAID).

Biografi Dr. Anregurutta (AG) KH. Sanusi Baco, Pendiri Pesantren Nahdlatul Ulum Maros

Anregurutta Sanusi Baco adalah pendiri dan pengasuh Pesantren Nahdlatul Ulum, salah satu Pesantren milik Nahdlatul Ulama di Kabupaten Maros.  .

Pengabdian Tanpa Batas KH. Hasyim Latif Untuk NU

Para aktivis dan pendahulu di Nahdlatul Ulama adalah sosok yang mampu memberikan teladan bagi kalangan generasi muda. Tidak semata kedalaman ilmu yang dimiliki, juga khidmat yang layak menjadi teladan hingga kini.

Ketika Rasulullah Dakwah, Beginilah Materi yang Diajarkan

Mula-mula Rasulullah mendakwahkan Islam secara sembunyi-sembunyi kepada sanak keluarganya. Sedikit demi sedikit jangkauan dakwahnya diperluas hingga ke kerabat dan tetangganya.

Tauladan Mulia: Inspirasi dari Para Sahabat Nabi Muhammad yang Perlu Kita Kenang

Di antara sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang dianggap sebagai teladan utama bagi umat Islam, terdapat tokoh-tokoh besar seperti Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan Khalid bin Walid.

Biografi Habib Abdul Qodir bin Ahmad bin Abdurrahman As-Segaf

Di antara keistimewaan Madrasah An-Nahdhoh ini adalah meluluskan lebih awal murid-muridnya yang unggul untuk membantu mengajar di situ. Di antara sekian banyak siswanya, terpilihlah Al-Habib Abdul Qodir untuk diluluskan dan diizinkan mengajar.

Ziarah di Makam Syekh Mas’ud Kawunganten, Pendiri Pesantren Al Barokah Salafiyyah, Cilacap

Syekh Mas’ud lahir pada tahun 1923, di Purworejo, Jawa Tengah. Beliau merupakan putra dari pasangan Kyai Muhyidin dengan Nyai Sangadah. Ayah beliau adalah pendatang dari Purworejo, Jawa Tengah yang menetap di Kawunganten sebagai petani sekaligus sebagai Kyai yang mengajarkan agama Islam.

Ziarah di Makam KH. RA. Memed, Muasis Pesantren Darul Hidayah Kota Bandung

KH. RA. Memed, beliau adalah pendiri Pondok Pesantren Darul Hidayah, Bandung, keilmuan beliau dari pesantren Sukamanah Tasikmalaya hingga pesantren Tebuireng Jombang dibawah asuhan KH. Hasyim Asy'ari.

Menampilkan 51 - 60 dari 13.119 Artikel