Artikel

 

Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan

Salah satu keterangan mengenai pendapat bahwa Al-Qur'an diturunkan pertama kali pada tanggal 17 Ramadhan kepada Rasulullah SAW terdapat di dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir.

Pemahaman Seputar Nuzulul Qur'an

Arti Nuzulul Qur'an yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur'an adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Kisah Pemuda yang Meminta Izin Berzina kepada Rasulullah

Sebagai utusan yang Allah SWT utus untuk memperbaiki hubungan antar manusia, Rasulullah SAW selalu mengedepankan kelembutan dan tata cara yang baik dalam upaya dakwahnya.

Sababija: Salah Satu Kelompok Muslim di Madinah yang Berasal dari Nusantara

Ketika membaca ulasan Ibn Manzhur bahwa bentuk tunggal dari Sababijah adalah Sabaj, akan langsung timbul dugaan bahwa Sababijah ini adalah orang yang dua abad berikutnya dikenal oleh orang Arab sebagai Zabaj.

Ziarah di Makam Anregurutta KH. Daud Ismail, Pendiri Pesantren Yasrib Soppeng, Sulawesi Selatan

Gurutta Daud Ismail lahir di Cenrana, Lalabata, Soppeng pada tahun 1907 M. Sejak kecil, beliau telah mulai belajar Al-Qur'an di bawah bimbingan orang tuanya di rumah. Kemudian, ketertarikannya terhadap ilmu agama semakin berkembang, dan beliau melanjutkan pendidikan di berbagai pesantren di Sengkang, tempat di mana beliau belajar dari berbagai ulama terkemuka di wilayah tersebut.

Pesantren Hidayatullah Keraton Martapura, Kalimantan Selatan

Pesantren Hidayatullah merupakan institusi pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1950 oleh tiga tokoh utama, yaitu KH. M. Hasyim Muchtar El-H, KH. Nashrun Thahir, dan KH. Ahmad Nawawi Marfu'. Sejak didirikan, pesantren ini telah menjadi tempat bagi ribuan santri untuk menimba ilmu agama dan keterampilan.

Biografi KH. Badrus Sholeh Syakur Pengasuh Bahauddin An-Nidhomiyah, Sidoarjo

Biografi KH. Badrus Sholeh Syakur beliau adalah pengasuh pesantren Bahauddin An-Nidhomiyah, Sidoarjo

Biografi KH. Nursaman Pengasuh Pesantren Nurul Falah Rawawaluh,Tangerang

KH.Nursaman, lahir di Tangerang pada tanggal 11 bulan April Tahun 1958. Beliau merupakan anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan bapak Junedi dan ibu Nafsiah, dan adiknya bernama Ahmad Nawawi.

Sejarah di Balik Nama Alawi dalam Kisah Ayahanda Sayyid Muhammad Al-Maliki

Konon sejarah di balik penamaan “Alawi” merupakan bisyarah (kabar gembira) dari Al-Quthb Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Atthas, seorang habib agung dan wali besar dari Hadramaut yang pernah bermukim di Haramain.

Kebesaran Hati Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki

Demikianlah, Abuya Sayyid Muhammad Al-Maliki bagi As-Sindi adalah orang yang memiliki kebesaran hati yang sepadan dengan ketinggian ilmunya.

Menampilkan 21 - 30 dari 13.085 Artikel