Artikel

 

Apakah Ucapan Minta Maaf Atas Semua Kesalahan Sudah CUkup?

Apakah ungkapan permohonan maaf seperti di atas yang lazim dilakukan oleh masyarakat kita di hari Raya Idul Fitri saat bermaaf-maafan sudah cukup menggugurkan semua kesalahan kita?

Ustaz Ma'ruf Khozin : Manusia yang Suka Mengeluh dan Lalai

Ayat yang sama seperti penjelasan di atas diulang beberapa kali oleh Allah. Diantaranya dalam Az-Zumar 8 dan 49, An-Nahl 53-54, Al-Isra' 67, Ar-Rum 33, Al-A'raf 95 dan lainnya.

Belas Kasih Rasulullah Ketika Lebaran

Islam demikian perhatikan kepada nasib fakir miskin dan anak-anak yatim. Bahkan yang menyia-nyiakan nasib anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan kepada kaum miskin adalah disebut mendustakan agama, sebagaimana dalam surat al-Maun.

Kisah Pemuda yang Menampung Gadis Cantik di Rumahnya

Seorang pemuda yang menampung gadis cantik yang sedang tersesat di rumahnya. Bagaimana kisahnya?

Ziarah di Makam Syaichona Kholil Bangkalan, Gurunya para Ulama

Kiai Kholil Al-Bangkalani lahir di Bangkalan, Jawa Timur, sekitar tahun 1820 masehi. Beliau disemayamkan di Masjid Pasarean, sekitar 28 kilometer dari Jembatan Suramadu, sarana penyambung antara Surabaya dengan Madura. Dari Suramadu, kurang lebih memakan waktu 35 menit perjalanan untuk tiba di makam seorang ulama kharismatik yang wafat sekitar tahun 1925.

Meredam Kesombongan Melalui Kalimat Takbir

Terbenamnya matahari sore di hari terakhir ramadhan menandakan bahwa kita akan memasuki 1 syawal. Pergantian waktu ini begitu terasa dengan bergemanya lantunan takbir, tahlil dan tahmid di berbagai masjid, surau bahkan media tv di rumah-rumah.

Andai Burung Hud-hud Punya AKun Facebook

- Andai Hud hud punya akun facebook, pasti postingannya selalu tentang sesuatu yang penting dan bermanfaat. Al-Qur'an menyebut berita yang dibawanya untuk Nabi Sulaiman dengan naba' yang artinya bukan sembarang berita. Naba' beda dengan khabar. Khabar adalah berita biasa yang bisa benar bisa hoaks.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Pemberian Ampunan Yang Sangat Cepat

Huruf Fa' (ف) dalam bahasa Arab mata pelajaran Nahwu (Gramatika Arab) memiliki makna yang dijelaskan oleh Ibnu Malik dalam Alfiyah Bab 'Athaf (kata sambung) sebagai berikut:

Ampunan dan Pengharapan

Bila pagi Idul Fitri tiba, para Malaikat berbaris di pintu-pintu jalan sambil menyerukan : "Wahai orang-orang yang berserah diri kepada Tuhan, segeralah berangkat menghadap Tuhanmu Yang Maha Mulia. Dia akan menganugerahimu kebaikan dan memberimu pahala yang besar.

Meriahnya Tradisi Takbir Keliling di Air Kuning Jembrana

LADUNI.ID | BALI - Semarak merayakan Hari Raya Idul Fitri menggema pula di pesisir pantai selatan Bali dengan lantunan takbir keliling, antusias masyarakat menghidupkan malam Idul Fitri terasa luar biasa (5/6).