Artikel

 

Biografi KH. Achmad Damanhuri Ya’qub, Pendiri Pesantren Darussalam Subah, Batang

KH. Achmad Damanhuri Ya’qub beliau adalah ulama khasrismatik dari batang dan merupakan kakak dari KH Ali Musthofa Ya'qub, dan pendiri pesantren Darussalam Subah Batang

Kalam Mutiara Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul

Syair-syair karya Habib Sholeh juga berisi pencerahan hidup. Melalui media syair itu beliau bertutur menyampaikan dakwahnya. Tidak hanya itu, banyak nasihat yang juga disampaikan oleh beliau melalui pernyataan-pernyataan yang mencerahkan yang dalam konteks dakwah habaib hal itu disebut dengan kalam.

Biografi KH. Imam Shonhaji, Pengasuh Pesantren Sukamiskin, Bandung

KH. Imam Sonhaji merupakan pemimpin keempat yang meneruskan kepemimpinan dari KH. R. Haedar Dimyati. Pada tahun 1965 KH. Imam Shonhaji mulai menginjakan kaki di Sukamiskin sebagai santri, sampai pada akhirnya KH. Imam Shonhaji menikah dengan anak pertama KH. R. Haedar Dimyati yaitu Hj. Memunah Haedar.

Biografi KH. Warson Munawwir, Pengajar di Pesantren Al Munawwir, Yogyakarta

Sebagai pengajar, KH. Warson muda menjadi guru yang simpatik karena kecakapan dan keramahannya di mata para santrinya. Di usia belia, beliau telah memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mengajarkan beberapa mata pelajaran. Di luar kelas pun, beliau menjadi kawan bermain yang egaliter bagi segenap santri.

Bulan Syawal dalam Sorotan Peristiwa Penting yang Membentuk Sejarah Islam

Syawal adalah bulan kesepuluh dalam penanggalan kalender hijriyah. Kehadiran bulan ini selalu dinanti umat Islam di seluruh dunia. Penetapan awal bulan ini menjadi perhatian kaum Muslimin, karena pada 1 Syawal, umat Islam di seantero jagad merayakan Idul Fitri – hari kemenangan -setelah menunaikan ibadah shaum selama sebulan penuh pada Ramadhan.

Ancaman terhadap Orang yang Memutus Tali Silaturrahmi

Memutus tali silaturrahmi merupakan dosa besar dan akan pelakunya akan mendapatkan berbagai siksaan dan hukuman, baik di dunia maupun di akhirat.

Pesantren Al-Barokah Bondowoso

Pondok Pesantren Al Barokah didirikan pada tanggal 28 Januari 1974 masehi 5 Muharram 1395 Hijriyah oleh Kyai Haji Subhan Saifurruslan dengan menerapkan sistem pembelajaran terpadu pendidikan berasrama serta pengajaran ilmu agama ilmu pengetahuan pembelajaran kitab kuning dan pengembangan bahasa Inggris secara intensif.

Biografi KH. Muhammad Syanwani, Pendiri Pesantren Ashhabul Maimanah Serang, Banten

KH. Muhammad Syanwani  lahir pada 13 Agustus 1926 M atau pertepatan dengan tahun 1347 Hijriah. Beliau berasal dari Kampung Sampang, Desa Susukan, Kecamatan Tirtayasa, Serang, Banten. Putra ketiga dari pasangan KH. Abdul Aziz dan Nyai Salhah tumbuh besar dalam lingkungan yang religius.

Biografi Syekh Abdul Malik Kedung Paruk, Banyumas

Berkat keluasan dan kedalaman ilmunya, Syekh Abdul Malik pernah memperoleh dua anugrah yakni pernah diangkat menjadi Wakil Mufti Madzab Syafi’i di Makkah dan juga diberi kesempatan untuk mengajar.

Makna Filosofis di Balik Tradisi Lebaran Ketupat

Masyarakat Muslim di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa mengenal dua kali lebaran di bulan Syawal, yakni Lebaran Idul Fitri dan Lebaran Ketupat.

Menampilkan 11 - 20 dari 13.119 Artikel