Terjemahan Kitab Al-Wara

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab488
PengarangImam Ahmad bin Hambal dan Imam Abnu Abi DunyaTahun Terbit Masehi/Hijriah1922 M/1340 H
PenerbitPustaka AzzamFan/KategoriAkhlak
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Imam Ahmad bin Hambal dan Imam Abnu Abi Dunya.
Nabi Sholallahu Alaihi Wassalam,  menggabungkan sifat wara' dalam satu kalimat, beliau bersabda,"Salah satu bentuk kebaikan Islamnya seorang muslim adalah ketika ia meninggalkan apa yang tidak bermanfaat bagi dirinya". [Hadits ini hasan, HR. At-Tirmidzi (4/588) dan Ibnu Majah (2/1315-1316) dari Qurrah bin Abdurrahman dari Az-Zuhri dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah secara marfu. At-Tirmidzi berkomentar, "Hadits ini hasan gharib"] Ini mencakup semua hal yang tidak berguna, baik perkataan,pandangan, pendengaran,  pegangan, perjalanan,  pikiran dan semua akan lahiriah maupun batin.

Makna wara' secara syar'i sebagaimana diset Jurjani (At-Ta'rifat, him. 252), "Wara' adalah menjauhi syubhat (hal-hal yang meragukan) karena takut jatuh pada perbuatan haram." Ibrahim bin Adham -rahimahulloh-  berkata, "Wara' adalah meninggalkan sesuatu yang syubhat, meninggalkan semua yang tidak berguna, meninggalkan  semua kelebihan (yang melebihi kecukupan)."

Maksiat akan melemahkan iman dan hanya  bisa dirasakan dengan kepekaan hati dan wujud materil. Sebab, sebagaimana dalam hadits apabila seorang hamba melakukan suatu dosa maka itu akan menjadi satu titik hitam/ noktah hitam di hati nya akan menjadi cemerlang. Namun kalau dia kembali melakukan Dosa maka akan bertambah noktah hitam di hati nya sehingga menutupi hati nya

Terimakasih telah membaca Terjemahan Kitab Al-Wara, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Terjemahan Kitab Al-Wara (PDF)

 

PENULIS              

:

Imam Ahmad bin Hambal dan Imam Abnu Abi Dunya

 

 

PENERJEMAH   

:

Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Hamud

     

 

PENERBIT           

:

Pustaka Azzam

   

 

TAHUN                

:

----- M / 1340 H

       

 

Tebal                  

:

873  halaman (PDF)

       

 

               

 

                         

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!